PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK BARUNAWATI 3 SAMARINDA

Penulis

  • Nur Wahyuni Universitas Mulawarman
  • Ayu Aprilia Pangestu Putri Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi Universitas Mulawarman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model project based learning terhadap kemampuan literasi finansial anak kelompok B di TK Barunawati 3 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pre- eksperimental tipe one group pretest posttest desaign . Dalam penelitian ini digunakan anak didik kelompok B yang berjumlah 22 anak.

Hasil penelitian menunjukkan sebelum adanya Treatment yaitu dengan nilai rata-rata Pretest 7,95 dengan presentase 100% belum berkembang. Setelah diberikan Treatment nilai rata-rata posttest menjadi 14,31 dengan presentase 95,30% belum berkembang dan 4,6 % sudah mulai berkembang. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh n-gain score yaitu normalized n-gain score 0,7 > 0,3 dengan presentase 12,73 % yang berkategori sedang. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai signifiansi yang diperoleh ialah 0,00. Dengan nilai 0,00 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen . Maka terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan literasi finansial anak kelompok B di TK Barunawati 3 samarinda

Diterbitkan

2025-05-02

Cara Mengutip

Wahyuni, N., Putri, A. A. P., & Pertiwi , A. D. (2025). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK BARUNAWATI 3 SAMARINDA. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/23637

Terbitan

Bagian

Artikel