PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK BARUNAWATI 3 SAMARINDA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model project based learning terhadap kemampuan literasi finansial anak kelompok B di TK Barunawati 3 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pre- eksperimental tipe one group pretest posttest desaign . Dalam penelitian ini digunakan anak didik kelompok B yang berjumlah 22 anak.
Hasil penelitian menunjukkan sebelum adanya Treatment yaitu dengan nilai rata-rata Pretest 7,95 dengan presentase 100% belum berkembang. Setelah diberikan Treatment nilai rata-rata posttest menjadi 14,31 dengan presentase 95,30% belum berkembang dan 4,6 % sudah mulai berkembang. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh n-gain score yaitu normalized n-gain score 0,7 > 0,3 dengan presentase 12,73 % yang berkategori sedang. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai signifiansi yang diperoleh ialah 0,00. Dengan nilai 0,00 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen . Maka terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan literasi finansial anak kelompok B di TK Barunawati 3 samarinda
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
