PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PAUD DALAM ANALISIS PERMASALAHAN TOPIK PENELITIAN MELALUI MODEL PBL

PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PAUD DALAM ANALISIS PERMASALAHAN TOPIK PENELITIAN MELALUI MODEL PBL

Penulis

  • Endang Suprapti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Abdus Salam Universitas Muhammadiyah Malang

Abstrak

Ketrampilan berpikir kreatif merupakan salah satu komponen kecakapan yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam menghadapi abad 21 atau permasalahan global yang ada dalam hidup ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa PAUD FKIP UMSurabaya dalam Penyusunan Permasalahan Topik Penelitian. Pelaksanaan perkuliahan mata kuliah metode penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa PAUD FKIP UMSurabaya semester 5 pada mata kuliah Metode Penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan berdasarkan kenyataan di kelas yang alami oleh mahasiswa selama perkuliahan. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PAUD pada aspek fluency mengalami peningkatan 33%  kreatif, 15% sangat kreatif, aspek fleksibility mengalami peningkatan 27% kreatif, aspek originality mengalami peningkatan kategori kreatif sebesar 33% dan aspek elaboration dengan peningkatan 33% pada kategori kreatif.

Biografi Penulis

Endang Suprapti, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Diterbitkan

2024-03-26

Cara Mengutip

Suprapti, E., & Salam, A. (2024). PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PAUD DALAM ANALISIS PERMASALAHAN TOPIK PENELITIAN MELALUI MODEL PBL: PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PAUD DALAM ANALISIS PERMASALAHAN TOPIK PENELITIAN MELALUI MODEL PBL. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 10(01). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/22061

Terbitan

Bagian

Artikel