PENGARUH PERMAINAN SIAPA CEPAT DIA DAPAT TERHADAP KEMAMPUAN KONSENTRASI ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB TALENTA

Isi Artikel Utama

Fatimatuzzahroh
Muhammad Nofan Zulfahmi

Abstrak

Masa Usia Dini juga dikenal sebagai masa keemasan, merupakan periode untuk menerima semua pengalaman serta pengetahuan untuk diserap secara optimal. Pada periode ini perhatian khusus dari guru serta orang tua sangat diperlukan. Pendidikan pada anak usia dini berperan sebagai dasar yang mendasari tahap perkembangan selanjutnya. Sebagai landasan pendidikan usia dini tidak dapat diabaikan, melainkan harus direncanakan dan disiapkan sebaik-baiknya. Aspek dalam perkembangan  anak usia dini mencakup bahasa, kognitif, emosional, motorik, dan seni dan agama, aspek ini tercakup dalam pendidikan yang tidak luput dalam keterbatasan kemampuan konsentrasi anak usia dini. Keterbatasan keterampilan koordinasi antara mata, telinga dan tangan pada anak, termasuk keterampilan penggunaan jari-jemari, m enunjukkan tingkat kemampuan yang rendah, karena itu anak usia dini memerlukan optimalisasi  kemampuan konsentrasi melalui pendekatan permainan Siapa Cepat Dia Dapat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah permainan Siapa Cepat Dia Dapat mampu meningkatan konsentrasi pada 20 anak di KB Talenta Mutih Wetan, Demak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen One Group Pre-test - Post-test Design. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Simple T-test. Hasil data pre-test serta post-test didapatkan meningkat secara signifikan. Dari rata-rata uji pre-test didapatkan hasil = 38.55 dan uji post-test = 54.40. Sedangkan uji Paired Simple T-test mendapatkan hasil = 0.000 < 0.05. Dengan begitu penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga hasil yang didapatkan menunjukkan jika permainan Siapa Cepat Dia Dapat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan konsentrasi pada anak usia dini.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Fatimatuzzahroh, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Nama saya Fatimatuzzahroh, lahir di Demak pada tanggal 08 September 1999. Saat ini sedang menempuh pendidikan strata 1 di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak  Usia Dini. Pernah mengikuti program dari KEMENDIKBUD Kampus Mengajar angkatan 5 tahun 2023 yang ditempatkan di SD negeri 4 Welahan Jepara, serta program KEMENDIKBUD Studi Independen Bersertifikat Kemah Budaya Kaum Muda di Desa Lilangan,  Belitung Timur. Sudah mendapatkan HKI Audio Busy Book pada tahun 2023, menjadi guru di KB Talenta pada tahun 2020-sekarang

Muhammad Nofan Zulfahmi, a:1:{s:5:"id_ID";s:40:"Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara";}

Nama saya Muhammad Nofan Zulfahmi, Dosen sekaligus Kaprodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Islam Nahdlatul Ulama

Referensi

  1. Al, R. A. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain. 5, 2806–2812.
  2. Anam, khoirul. (2013). Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak. Diunduh pada tanggal 25 Januari
  3. Arisandy, D., & Tania, P. A. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Usia 3 Tahun Di Denali Development Centre Palembang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2856-2862.
  4. Hidayati, Irul. (2012). Pengaruh Pemberian Riboflavin Dan Zinc Pada Suplementasi Zat Besi Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Dan Konsentrasi Belajar Anak Putri Anemia. Tesis Tidak Diterbitkan. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatab Masyarakat Program Register. Universitas Airlangga
  5. Kurniati, E., & Justicia, R. (2016), November). " Siapa Cepat Dia Dapat" Teaching Game in Developing Early Childhood Discipline by Using a Teaching Model Based on Learning Culture, National Values, and Playing.(Case Study at a Kindergarten). In 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016) (pp. 173-178). Atlantis Press.
  6. Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/download/16189/12640
  7. Pura, D. N., & Wulandari, A. (2020). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Lava Gunung Merapi. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 22-27.
  8. Purwanti, S. (2023). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Khoiriyah Desa Nguruan Kecamatan Soko Kabupaten Tuban (Doctoral Dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).
  9. Sanjaya Wina. (2011). Dari A sampai Z Tentang Perkembangan Anak. Jakarta: PT gaya Favorit Press
  10. Sari, L. M., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Bermain Lotto untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar bagi anak ADHD. Jurnal Basicedu, 5(1), 310–316. https://doi.org/10,31004/basicedu.v5i1.6
  11. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  12. Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Alfa Beta. Halaman 361. https://ecampusfip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/search?pengarang=Sugiyono
  13. Thosin Waskita, D., Sabilah, N., & Rakeyan Santang, S. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi (Vol. 3).
  14. Waladiya, S., Atika, N., Oviyanti, F., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Permainan Tebak Warna Terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini di TK Mekar Sari Kecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2967-2976.
  15. Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520, https://doi.org/10,31004/obsesi.v5i2.899
  16. Wibawati, K. A., Watini, S., Pendidikan, P., Usia, A., Panca, U., & Bekasi, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur.5