MEWARNA; CARA EFEKTIF MERANGSANG KREATIVITAS ANAK

Penulis

  • Aprilia Sari Yudha a:1:{s:5:"id_ID";s:53:"Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang";}
  • Moh. Mahpur Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Dwiky Fajri Al Giffary Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Nu'man Al Hadziq Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Syauqi Jonnata Maftuh Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstrak

Pengembangan kreativitas di taman kanak-kanak (TK) telah menjadi isu yang semakin mendapatkan perhatian dalam pendidikan anak usia dini karena keterampilan kreatif menjadi semakin penting. Dalam nenumbuhkan jiwa kreatif pada anak usia dini diperlukan stimulus melalui pendidikan dan lingkungan yang dapat memperhatikan sifat alami anak dan menunjang tumbuhnya kreativitas salah satunya adalah melalui kegiatan mewarnai. Berangkat dari masalah yang ada, penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing 3 kali pertemuan. Dalam proses pelaksanaannya, 15 anak dengan rincian 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan, yang dilakukan dengan observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 16 meningkat dengan baik dengan adanya stimulus motivasi dan kebebasan.

Kata kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini, Mewarnai

Diterbitkan

2025-05-02

Cara Mengutip

Sari Yudha, A., Mahpur, M., Fajri Al Giffary, D., Nu’man Al Hadziq, M., & Syauqi Jonnata Maftuh, M. (2025). MEWARNA; CARA EFEKTIF MERANGSANG KREATIVITAS ANAK. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/20473

Terbitan

Bagian

Artikel