Memahami Konsep Literasi Anak Usia Dini: Pengembangan Keterampilan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini
Abstrak
Anak usia dini mengalami perkembangan yang pesat dan sangat penting, terutama dalam aspek bahasa. Kemampuan bahasa atau literasi sangat penting untuk dikembangkan pada usia dini sebagai pondasi perkembangan selanjutnya. Literasi dapat membantu anak memperoleh kemampuan membaca dan menulis yang penting untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research atau penelitian kepustakaan. Metode penelitian library research merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan informasi, data, dan wawasan dengan melakukan analisis terhadap sumber-sumber tertulis yang ada. Literasi dini merupakan aktivitas membaca dan menulis bagi anak usia dini yang akan membantu memecahkan berbagai masalah dan mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang diperoleh. Perkembangan literasi emergen merupakan proses pendahulu dari aktivitas membaca dan menulis yang dipahami luas sebagai perilaku membaca yang konvensional. Dengan kata lain literasi emergen bukanlah aktivitas membaca dan menulis yang sebenarnya.
Referensi
DAFTAR RUJUKAN
Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159
Astuti, T. P. (2012). Gambaran perkembangan literasi emergen anak taman kanak- kanak dengan alat ukur adaptasi get ready to read ! Proceeding of The ICECRS. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1394
Astuti, T. P. (2014). Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 107–119.
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/viewFile/646/476
Fajriyah, L. (2018). Pengembangan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 165–172. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1394
Hasannah, R. G. U. (2019). Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Prasekolah. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3), 557–569. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4793
Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190–1196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1183
Husnaini, N. (2018). Kata Kunci: pola, literasi, anak usia dini. Pendidikan Anak, 7.
Ifadah, A. S. (2020). Literasi : Pemahaman Literasi Baca - Tulis Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 290–296. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2419
Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87/91
Mukhtar, N., & Rizka, A. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengenalan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 223. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5638
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2017). Literasi Dini dengan Teknik Bercerita. Jurnal FamilyEdu, 3(1), 20–28.
Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048
Rohde, L. (2015). The comprehensive emergent literacy model: Early literacy in context. SAGE Open, 5(1). https://doi.org/10.1177/2158244015577664
Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332
Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf
Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437
Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. 4(1), 18–21. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11539
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
