Pengaruh Penerapan Power Point Interaktif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B TK Aisyiyah 52

Isi Artikel Utama

gusma arti arti
Nurul Afifah
Henita Retnasari

Abstrak

Pembelajaran pada anak usia dini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan  kemampuan  kognitif  peserta didik sehingga anak dapat memperoleh dan membangun  pengetahuan mereka  melalui  cara  menemukan  sendiri  pengetahuan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media power point interaktif terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Aisyiyah 52. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan populasi penelitian anak usia 5-6 tahun pada sekolah TK Aisyiyah 52 Sukolilo, Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 20 anak. Data didapatkan melalui hasil nilai pre-test dan post-test. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa nilai rata-rata untuk pre-test adalah 1,6 dan nilai rata-rata untuk post-test adalah 3,65, hal ini menandakan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari rata-rata nilai pre-test. Sedangkan untuk nilai t hitung adalah 2.10239 dan nilai t-tabel adalah 2.03586 dengan taraf signifikan 5% dan N = 20. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh media power point interaktif  terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di sekolah TK Aisyiyah 52 Sukolilo.

Kata Kunci : AUD; Power Point Interaktif; Kognitif

Rincian Artikel

Biografi Penulis

gusma arti arti, Universitas muhammadiyah Surabaya-UMSby

Dosen di FKIP UMSurabaya

Pangkat Dosen dan tim riset inovasi LPPM UMSurabaya

Nurul Afifah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSurabaya

Henita Retnasari, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSurabaya

Referensi

  1. Depdikbud,2014. Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Depdikbud
  2. Gutek, Gerald Lee (terjemahan), 2015. Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Hartati, Sri, Zulminiati, 2018. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Stimulasi Sensori Visual Bagi Guru AUD di Kecamatan Batang Anai. Jurnal: Early Childhood Education vol 2 no 2b
  4. Paramita, Vidya Dwina,2017. Jatuh Cinta Pada Montessori: Seni Mengasuh Anak Usia Dini. Yogyakarta:B First (PT bentang Pustaka)
  5. Seefeld, Carol & Barbara A. Wasik, 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: Indeks
  6. Sukardi, 2012. Metodologi penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara
  7. Sugiono, 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta