PENANAMAN NILAI- NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK
Abstrak
Penanaman nilai- nilai akhlakul karimah pada anak usia 5- 6 tahun sangat penting karena anak- anak harus  selalau di biasakan untuk berperilaku baik kepada kedua orang tuanya maupun kepada temannya sendidiri. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penanaman nilai-nilai akhlakul karimah serta upaya apa saja dilakukan orang tua dalam penanaman nilai- nilai akhlakul karimah pada anak usa 5-6 tahun di Kelurahan Patipelong Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif partisipatori. Serta objek penelitian ini adalah anak dan orang tuanya yang terdiri delapan anak. penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret sampai april dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai- nilai akhlakul karimah dilakukan berdasarkan 7 indikator yaitu penanaman sikap berbuat baik (Al- Ihsan), penanaman sikap berbakti kepada orang tua, penanaman sikap tolong menolong (At- Ta’awun), penanaman sikap silaturrahim, penanaman sikap merendahkan diri, penanaman sikap sabar dan penanaman sikap lemah- lembut menggunakan metode keteladanan, perhatian, nasehat, pembiasaan dan cerita. Maka berdasarkan data penanaman nilai- nilai akhlakul karimah pada anak usia dini di Kelurahan Patipelong Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi dapat di kategorikan baik.
Kata kunci: Anak UsiaDini, Penanaman Nilai- nilai Akhlakuk Karimah
Referensi
Aisyah, S., & Anshori, M. (2023). No Title. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 30–50. https: // doi. org / https : //. doi. org /10. 51476 /dirasah. v6i1. 483
Ambulu, K., Jember, K., Zainudin, A., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., Jember, U. I., & Karimah, P. A. (2021). No Title. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 15–24. https://doi.org/2502- 8383 2808- 3954
Amelia, O., & Huda, U. N. (n.d.). Penanaman Nilai Akhlakul Karimah Melalui Film Kartun Riko The Series di Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja Marlina Pendahuluan Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang bersifat absolut bagi. 01, 37–53. Retrieved from https: // jsr. unuha. ac. id /index. php /JUPIN/ article /view/110
Amril & Pransiska. Analisi Buku Cerita Bergambar “Bee Serie†Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai- Nilai Karakter Pada Anak.5,02, 175- 184. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3488.
An-Nahdhah, Vol. 2, No. 2, Agustus 2019, ISSN 2614 – 848X. (2019). 2(2).
Fadliyati, Rati. (2015). Penggunaan Media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Alfa Centauri Bandung (Studi Deksriptif Koreladional Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Siswa Kelas X MIA Di SMA Alfa Centauri Bandung). S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Gozali, A. G. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Islam Anak Usia Dini Persfektif Hadits. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 7(2), 45. https: //doi. org/ 10. 18592/ jea. v7i2. 5120
Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (n.d.). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Keluarga Di Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang Yogyakarta.TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13 (2), 211- 18. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1708.
Khoirunni’mah, & Agus Wibowo. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Anak Usia Dini Di Desa Simpang Asam Banjit Way Kanan Lampung. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 65–75.https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i1.66
Lestari, Vol 5, 2,Oktober 2021, P- ISSN: 2615- 4560, E- ISSN: 2620- 5270
Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. 6(2), 68–79.https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189
Mata, P., Akidah, P., Di, A., & Tarusan, M. T. I. (2023). IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 3(1), 740–746.http://doi.org/10.31004/irje.v3i1.335
M. Rosita. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlakul Krimah Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Desa Tapuhaka Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana. Skripsi. Fa
Mufidah, N. (2020). Menanamkan nilai agama pada anak usia dini di keluarga arab. 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.581
Persuasif, K., & Membina, D. (2022). Komunikasi persuasif dalam membina akhlakul karimah. 1(5). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16447
Putrihapsari & Dimyati, Vol 5, 2. February 2021, ISSN: 2549-8959,(2021),5(2)
Purnamasari, N. (2022). Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak. 6(4), 2813–2824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2267
Tambak, S., & Muhammad, N. (2016). Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al- Thariqah, 1(113). https://doi.org/https://doi. org/10.2599/althariqah.2016.vol1(1).614
Tamyis, T. (2022). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling …, 1, 1–14. http: //journal. universitaspahlawan. ac. id/ index. php /jpdk /article /view/ 9486%0Ahttp: //journal. universitaspahlawan. ac. id/ index. php /jpdk/ article/ download /9486/ 7197
Ulfah, J., & Suyadi, S. (2021). Konsep Budaya Religius dalam Membangun Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21–29. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.950
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
