PEDAGOGIK UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS TEKNOLOGI: ANALISIS PEMETAAN KOMPUTASI BIBLIOMETRIK MENGGUNAKAN VOSVIEWER
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan penelitian pedagogik untuk anak usia dini berbasis teknologi dengan menggunakan metode analisis pemetaan komputasi bibliometrik menggunakan VOSviewer. Pengumpulan data dari penelitian ini yaitu berupa artikel yang sudah terpublis dari beberapa jurnal yang terindeks baik nasional maupun internasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menuliskan kata kunci “early childhood education, pedagogical technology†pada software publish or perish (PoP). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu database (artikel) terindeks google scholar dari tahun 2013 hingga 2022 (10 tahun), dan ditemukan sebanyak 994 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian dengan tema pedagogik untuk anak usia dini berbasis teknologi mengalami peningkatan dari tahun 2013 hingga 2016, kemudian ditahun 2017-2019 mengalami fluktuasi, ditiga tahun terakhir (2020-2022) mengalami penurunan sangat drastis. Dari hasil tersebut, terdapat tiga tema penelitian yaitu tema early childhood education yang menghasilkan total link 265, total link strength 1538, dan occurrences 192. Selanjutnya tema pedagogik yang menghasilkan total link 161, total link strength 372, dan occurrences 45. Terakhir tema teknologi yang menghasilkan total link 188, total link strength 587, dan occurrences 65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peluang penelitian pada kajian pedagogik untuk anak usia dini berbasis teknologi masih memiliki peluang yang cukup tinggi dan dapat dikaitkan dengan istilah lain. Pendidikan bagi anak usia dini memerlukan inovasi yang harus terus mengikuti perkembangan jaman.Referensi
Al Husaeni, D.F.; and Nandiyanto, A.B.D. (2022). Bibliometric using Vosviewer with Publish or Perish (using google scholar data): From step-by step processing for users to the practical examples in the analysis of digital learning articles in pre and post Covid-19 pandemic. ASEAN Journal of Science and Engineering, 2(1), 19-46.
Angeli, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Malyn-Smith, J., & Zagami, J. (2016). A K-6 computational thinking curriculum framework: Implications for teacher knowledge. Journal of Educational Technology & Society, 19(3), 47-57.
Azizah, N.N.; Maryanti, R.; and Nandiyanto, A.B.D. (2021). How to search and manage references with a specific referencing style using google scholar: From step-by-step processing for users to the practical examples in the referencing education. Indonesian Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 267-294.
Bailey, D., Duncan, G. J., Odgers, C. L., & Yu, W. (2017). Persistence and fadeout in the impacts of child and adolescent interventions. Journal of research on educational effectiveness, 10(1), 7-39.
Barnett, L. M., Stodden, D., Cohen, K. E., Smith, J. J., Lubans, D. R., Lenoir, M., ... & Morgan, P. J. (2016). Fundamental movement skills: An important focus. Journal of Teaching in Physical Education, 35(3), 219-225.
Bassiouni, D. H., & Hackley, C. (2014). 'Generation Z'children's adaptation to digital consumer culture: A critical literature review. Journal of Customer Behaviour, 13(2), 113-133.
English, L. D. (2017). Advancing elementary and middle school STEM education. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(1), 5-24.
Flewitt, R., Messer, D., & Kucirkova, N. (2015). New directions for early literacy in a digital age: The iPad. Journal of Early Childhood Literacy, 15(3), 289-310.
Lillard, A. S. (2013). Playful learning and Montessori education. Namta Journal, 38(2), 137-174.
Mubin, O., Stevens, C. J., Shahid, S., Al Mahmud, A., & Dong, J. J. (2013). A review of the applicability of robots in education. Journal of Technology in Education and Learning, 1(209-0015), 13.
Palaiologou, I. (2016). Children under five and digital technologies: implications for early years pedagogy. European Early Childhood Education Research Journal, 24(1), 5-24.
Toh, L. P. E., Causo, A., Tzuo, P. W., Chen, I. M., & Yeo, S. H. (2016). A review on the use of robots in education and young children. Journal of Educational Technology & Society, 19(2), 148-163.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
