Media Wooden Building Blocks untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial dalam Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Isi Artikel Utama

Elan Elan
Dindin Abdul Muiz L
Anisa Nurlela

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya salah satu dari 8 kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner yaitu kecerdasan visual-spasial dan pentingnya kemampuan mengenal bentuk geometri dalam pemebelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dan kaitan antar keduanya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial dalam mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dan peneliti mitra yaitu guru kelas  dengan menggunakan desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian di TK Negeri Percontohan Soreang Kab. Bandung kelas B2 berjumlah 14 anak, 7 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kecerdasan visual-spasial dalam mengenal bentuk geometri melalui penggunaan media “wooden building blocksâ€, yaitu pada pra siklus sebesar 44.15% dari 14 anak, peningkatan kecerdasan visual-spasial dalam mengenal bentuk geometri pada siklus I sebesar 58,45% dari 14 anak, dan peningkatakn kecerdasan visual-spasial dalam mengenal bentuk geometri pada siklus II sebesar 86,3%. Adapun indikator yang digunakan yaitu mampu menyebutkan nama-nama bentuk geometri, mampu membangun suatu bangunan sesuai dengan visualisasinya, mampu menggunakan berbagai bentuk geometri untuk kegiatan membangun. Mampu mengelompokan berbagai bentuk geometri.kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media “wooden building blocks†dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial dalam mengenal bentuk-bentuk geometri    

Rincian Artikel