PERAN ORANGTUA DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK DI TK TUNAS RIMBA KOTA SALATIGA
Abstrak
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks untuk anak serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi dan wawancara untuk mengetahui seberapa jauh dan bagaimana peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengenalan Pendidikan seks pada anak. Subyek dalam penelitian ini sebanyak tujuh (7) orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak sudah dilakukan oleh orangtua walaupun belum maksimal. Peran yang telah dilakukan orangtua ialah memberi contoh menyayangi tubuh, mengawasi anak ketika menonton televisi, mengawasi anak ketika bermain gadget (youtube). Sedangkan hal yang belum dilakukan oleh orangtua ialah mengajarkan tidak membuka baju di depan lawan jenisnya, menyediakan pakaian sesuai jenis kelamin anak, memberikan contoh melindungi diri dari kekerasan seksual, menyebutkan nama alat kelamin anak dengan semestinya, memisahkan kamar tidur anak sesuai jenis kelaminnya, memisahkan kamar tidur anak dengan orangtua, dan mengajarkan etika meminta izin masuk ke kamar orangtua. Adapun faktor pendukung dan penghambat peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks untuk anak ialah Gadget, Keluarga, Komunikasi antar orangtua, Budaya, Pengetahuan dan Cara Penyampaian orangtua. ÂReferensi
Arikunto Suharsimi, (2013). Manajemen
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bungin Burhan, (2010). Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Kencana
Dianawati Ajen, (2006). Pendidikan Seks
Untuk Remaja. Jakarta: Kawan Pustaka
Mulyana Deddy, 2010. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Narbuko, Cholid. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Nugraha Boyke D, (2013). Its All About A-Z Tentang SEX. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Supriyono, dkk. (2015). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Masa Kini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan
Anak Usia Dini dan Pendidikan
Masyarakat. Jakarta
http://repositori.kemdikbud.go.id/6172/
/PENDIDIKAN%20KELUARGA%20P ERSPEKTIF%20MASA%20KINI%20OK%
PRINT.pdf
Tukan Johan S, (1994). Metoda Pendidikan Seks, Perkawinan dan Keluarga. Jakarta: Erlangga
http://journal.umg.ac.id/index.php/jieec
/article/view/2294/1521(Iffadah Sayidatul, 2021. Journal Of Islamic Education For Early Childhood. 3(1)
PISSN 2615–160. dikutip pada tanggal 12 Desember 2021, pukul 18.00 WIB)
https://tirto.id/polisi-menghentikanpenyelidikan-pemerkosaan-tiga-anaksayagkc2 (dikutip pada tanggal 26 November 2021, pukul 17.00 WIB)
https://m.merdeka.com/peristiwa/keker asan-seksual-terhadap-anak-masihtinggidi-jateng.html (dikutip pada tanggal 26 November 2021, pukul 19.50 WIB)
https://regional.kompas.com/read/2021 /09/02/175501578/derita-bocahsdsemarang-3-tahun-lalu-diperkosaayah-hingga-melahirkan?page=all (dikutip pada tanggal 27 November 2021, pukul 13.00 WIB)
http://www.referensimakalah.com/2012
/11/definisi-seks-dan-seksualitas.html
(dikutip pada tanggal 2 Desember 2021, pukul 11.30 WIB)
http://ppt.dp3a.semarangkota.go.id/
(dikutip pada tanggal 12 Desember 2021, pukul 16.10 WIB)
http://repository.unair.ac.id/14724/1/gd lhub-gdl-s1-2009-mufidahnur10279fisant-9.pdf (dikutip pada tanggal 23 April 2022, pukul 13.22 WIB)
http://eprints.ums.ac.id/41910/25/NASK AH%20PUBLIKASI.pdf (dikutip pada tanggal 23 April 2022, pukul 15.13 WIB)
https://jurnal.uns.ac.id/jodasc/article/vi ewFile/41675/27238 (dikutip pada 23
Januari 2022, pukul 17.54 WIB)
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
