Abstrak
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks untuk anak serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi dan wawancara untuk mengetahui seberapa jauh dan bagaimana peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengenalan Pendidikan seks pada anak. Subyek dalam penelitian ini sebanyak tujuh (7) orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak sudah dilakukan oleh orangtua walaupun belum maksimal. Peran yang telah dilakukan orangtua ialah memberi contoh menyayangi tubuh, mengawasi anak ketika menonton televisi, mengawasi anak ketika bermain gadget (youtube). Sedangkan hal yang belum dilakukan oleh orangtua ialah mengajarkan tidak membuka baju di depan lawan jenisnya, menyediakan pakaian sesuai jenis kelamin anak, memberikan contoh melindungi diri dari kekerasan seksual, menyebutkan nama alat kelamin anak dengan semestinya, memisahkan kamar tidur anak sesuai jenis kelaminnya, memisahkan kamar tidur anak dengan orangtua, dan mengajarkan etika meminta izin masuk ke kamar orangtua. Adapun faktor pendukung dan penghambat peran orangtua dalam mengenalkan pendidikan seks untuk anak ialah Gadget, Keluarga, Komunikasi antar orangtua, Budaya, Pengetahuan dan Cara Penyampaian orangtua. Â