PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELOMPOK B TK AISYIYAH 66 SURABAYA

Isi Artikel Utama

Novfitri Kurniawati

Abstrak

Abstrak

Berdasarkan pengembangan bahasa di Tk Aisyiyah 66 Surabaya masih ada masalah khususnya pada kelas peneliti, diketahui bahwa masih ada sebagian banyak anak yang mengalami kesulitan dalam  pengembangan bercerita. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keantusiasan anak dalam mengikuti pembelajaran, suasana kelas pasif, anak sulit memahami materi yang dijelaskan guru, media yang digunakan kurang menarik bagi anak.

 Mengingat pengembangan bahasa khususnya kemampuan bercerita sangatlah penting, oleh karena itu peserta didik perlu ditingkatkan kemampuan  berbicara khususnya bercerita melalui berbagai metode dalam hal ini peneliti menggunakan metode pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan dalam kegiatan bercerita.

Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus melihat tahap-tahapnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik melalui  kelompok B TK Aisyiyah 66 Simorejosari Surabaya melalui metode pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan dalam kegiatan bercerita.

Hasil dari siklus 1 kemampuan anak dalam bercerita 65% dan keaktifan 69,67 % sudah terlihat peningkatan, meski belum sesuai dengan target yang diinginkan peneliti dan di siklus 2 kemampuan bercerita anak 86 % dan keaktifan anak 89,33% sudah terlihat bahkan melebihi target yang di tentukan.

Hasil peneliti menunjukkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan bercerita  pada peserta didik di kelompok B TK Aisyiyah 66 Simorejosari Surabaya.

 

Kata kunci: Talking Stick, Kemampuan bercerita

Rincian Artikel

Referensi

  1. Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. 2012. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta. Universitas Terbuka
  2. Gunarti,Winda,dkk,2012,Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Dini ,Jakarta.Universitas Terbuka
  3. Yeti Mulyati. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta.Universitas Terbuka
  4. Siti Aisyah. 2013. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.
  5. Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta:Universitas Terbuka
  6. Nurbiana Dhieni, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta:Universitas Terbuka
  7. Muzayyanah, Amirotul. 2012. Proposal PTK â€Peningkatan Ketrampilan Menceritakan kembali Cerita Anak dengan Metode Talking Stick dan Teknik Bercerita Berpasangan pada kelas B1 Kelompok Al Iklhlas TK Islam Hidayatullah Semarangâ€
  8. Ni Made Suarjani. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick untuk pada anak TK Kelompok B di TK Negeri Pembina Singaraja.
  9. Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Th 2009
  10. http#www.SekolahDasar.Net|26/02/13|#kooperatif#Pembelajaran Kreatif Jakarta : Direktorat Pembinaan TK dan SD Dirjen PNFI