PENGARUH MENGGAMBAR BEBAS TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan untuk menggambar secara bebas kepada anak-anak di TKP Tabing Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian eksperimental tipe quashi dengan menggunakan gambar hasil undian yang bebas. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan citra hasil undian bebas lebih tinggi (84,3) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan gambar dari aktivitas pewarnaan gambar (68,3). Berdasarkan hasil perhitungan t-test menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari ttabel yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memberi tahu seorang anak pada TK TK Tabing Padang.
Kata kunci: Story Telling, Kemampuan, Menggambar
Â
Kata Kunci : cerita anak, menggambar bebas Â
Rincian Artikel
Referensi
- Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
- Bachri, Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak – Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: DEPDIKNAS.
- Crain, William. 2007. Theories of development Coacepts and Applications. Alih bahasa Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Yudi Santoso. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
- Davido, Roseline. 2012. La decoverte de votre enfant par le dessin. Alih bahasa Mengenal Anak Melalui Gambar. Sarlito Wirawan Sarwono. Jakarta: Salemba Humaika.
- Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta.
- Hirawan, Amelia. 2014. Art is Fun. Jakarta: Gramedia.
- Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.
- Olivia, Femi dan Harni Raziati. 2011. Mengoptimalkan Otak Kanan Anak dengan Creative Drawing. Jakarta: Gramedia.
- Rahayu, Yofita Aprianti. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.
- Syafril. 2010. Statistik. Padang: Sukabina Press.