Pembelajaran Interaktif Media Film Pendek (Pendekatan Metode Demontrasi untuk menumbuhkan ketrampilan motorik kasar Unak Usia Dini)

Isi Artikel Utama

Wahono Wahono
Naili Sa’ida
Tri Kurniawati

Abstrak

Peran guru mempunyai hubungan erat dengan cara mengaktifkan siswa dalam belajar, terutama dalam proses pengembangan keterampilan. Ketrampilan berpikir, keterampilan social dan keterampilan praktis tersebut dapat dikembangkan dalam situasi belajar mengajar yang intraktif antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Stimulasi motorik kasar merupakan area terbesar perkembangan di usia dini. Modal  dasar untuk perkembangan ini ada 3 yaitu keseimbangan, rasa sendi dan raba. Dalam penelitian ini, peneliti secara detail dan konkrit mendeteksi  perkembangan motorik anak dan sekaligus gangguan yang dialami si anak. Sambil bermain  dan didokumentasi melalui film pendek oleh guru, kemudian  film pendek ditayangkan didepan anak-anak dan diamati secara seksama. Secara nyata ketuntasan perkembangan motorik kasar dapat dengan jelas terdeteksi. Dengan mengambil tujuh sampel Taman Kanak-Kanak Aisyiyah dan Taman Kanak-Kanak Lainya di Surabaya. 35 siswa dijadikan model. Penelitian ini  menggunakan analisis hasil skenario film pendek yang dipraktekkan oleh anak usia dini dalam menirukan gerakan gurunya. Kegiatan diluar ruangan inilah  pilihan terbaik karena anak dapat menggerakkan seluruh tubuhnya sesuka hati. Di sarnping disediakan peralatan bermain, seperti papan titihan, tali atau bola, perosotan, dan lain – lain. Akan mengasah kemampuan motorik kasar, sekaligus motorik halusnya. Dengan hubungannya dengan tujuan afektif, film pendek ini juga dapat mempengaruhi emosi dan sikap anak, media ini merupakan alat yang cocok untuk memperagakan informasi afektif, baik melalui efek optis maupun melalui gambaran visual yang berkaitan. Analisis fase perkembangan di klasifikasikan dalam tiga ketegori, kategori usia 3-4 tahun 77,6 % tuntas Meniti di atas papan yang cukup lebar. Kategori Usia 4-5 tahun 86, 8 %  bagus sekali menangkap sesuatu secara tepat dan menendang sesuatu secara terarah. Kategori usia 5-6 tahun 82,5 % dapat melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan.

 

Kata kunci : pembelajaran interaktif , stimuli motorik kasar, media film pendek

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Wahono Wahono, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya

Naili Sa’ida, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya

Tri Kurniawati, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

  1. Arief S. Sadiman, dkk. Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali. 2009.
  2. Arsyad, Azhar. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2009.
  3. Anderson, Ronald H. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali. 1987.
  4. Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
  5. Hera Lestari Mikarsa dkk, 2007 Pendidikan Anak di SD, Universitas Terbuka
  6. Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
  7. Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara,
  8. Munadi , Yudhi. Media pembelajaran: Sebuah pendapatan baru. Ciputat:Gaung Persada. 2008.
  9. Komara, Endang.Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Bandung: Refika Aditama, 2014
  10. Nurani, 2009, Konsep Dasar Paud, Jakarta: PT Index.
  11. Syaodih, R. I. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
  12. Sabri, A. 2005, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Quantum Teaching, Jakarta.
  13. Pidarta, M. Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan System. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
  14. Prof. Dr. H. Asnawir dan M. Basyirudin Usman. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press. 2002.
  15. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 2009. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  16. Udin S. Winataputra, 2007 Materi dan Pembelajaran IPS SD, Universitas Terbuka.
  17. Widayatun, Tri Rusmi. 1999. Ilmu Prilaku. Yogyakarta: PT. Fajar Interpratama Sujiono, Yuliani