KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA MOVING FLASHCARD DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL FALAH LUBUK BUAYA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1071Abstrak
Kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, belum berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Populasi penelitian adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster sampling, yaitu kelas B3 dan kelas B4 masing-masingnya berjumlah 12 orang anak. Jenis penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif yang berbentuk kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen yang menggunakan Media Moving Flashcard lebih tinggi (87,5) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan Media Kartu Baca (78,75). Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung (2,6569) lebih besar dari ttabel (2,074). Maka dapat disimpulkan bahwa Media Moving Flashcard berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang.
Â
Kata Kunci : Moving Flashcard; Kemampuan Membaca Anak.
Referensi
Ali, M. 2010. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung : Pustaka Cendikia Utama
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.
Syafril. 2010. Statistika. Padang: Sukabina Press.
Undang-Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Yulsyofriend. 2013. Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
