Pengaruh Pembaharuan Islam pada Pembaharuan Hukum Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.30651/mqsd.v11i1.10166Kata Kunci:
Pembaharuan Islam, hukum keluargaAbstrak
Tulisan ini membahas pembaharuan Islam dan bagaimana pengaruhnya pada bidang hukum keluarga dimana dalam kehidupan membutuhkan penyesuaian guna melengkapi kebutuhan hidup manusia. Permasalahan yang ada seperti penafsiran tekstual, fanatisme mazhab dan pola pikir yang belum terbuka menjadikan ijtihad tertutup, padahal persoalan hukum keluarga mempunyai posisi penting dalam agama Islam karena dianggap menjadi inti syariah sebagai pintu masuk penyempurnaan iman dan rangkaian ibadah lainya. Ayat mengenai perkawinan bisa dilihat dari Surah an-Nisaa’ ayat 22,23,24 dengan melihat tafsiran ayat bahwa tidak diperbolehkannya menikah dengan beberapa kalangan. Pembaharuan hukum Islam di bidang Hukum Keluarga dapat dilaksanakan dengan konsep bilateral. Hal ini dikarenakan ayat al-Quran mempunyai kandungan sistem kemasyarakatan yang sejajar. Bukti nyata bahwa perempuan dan laki-laki memiliki kesetaraan adalah adanya hak dan kewajiban yang sama dalam beribadah kepada Allah, sebagaimana yang yang tercantum dalam surah al-Mumin ayat 40. Penafsiran ayat ini melalui pendekatan sikap egaliter. Tujuan penulisan makalah ini adalah menelaah kajian pembaharuan di hukum keluarga dengan metode telaah pustaka diharapkan mampu untuk berkontribusi memberikan pemahaman terkait pembaharuan Islam yang tepat sasaran sehingga Islam yang rahmatan lil ‘alamin dapat dirasakan semua kalangan.
Referensi
Abdullah Ahmed An-Na’im, “Dekontruksi Syariah Wacana Kebebasan Sipil-Hak Asasi Manusia dan Hubungan Internasional Dalam Islamâ€,(Yogyakarta:Lkis Group, 2011), Cetakan:I
Adawiyah Robi’atul, “Reformasi Hukum Keluarga Islam dan Implikasi Terhadap Hak-Hak Perempuanâ€,(Cirebon: Penerbit Nusa Litera Inpirasi, 2019)h.8
Fuad Zakki, Sejarah Peradab Islam-Buku Perkuliahan FITK UIN Sunan Ampel,(Surabaya: Goverment of Indonesia and Islamic Development Bank, 2015),h. 21-22
Ilyas Hamim,Fiqh Akbar: Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil ‘Alamin,(Jakarta: PT Pustaka Alvabet, 2018)h.60.
Mahmood Tahir, Family Law Reform in the Muslim World,(Bombay:N.M Tripathi PVT. LTD,1972).
Majid Nurkholis ,Islam Doktrin dan Peradaban,(Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1995),h. 360-361
Nasution Khoiruddin, Status Wanita di Asia Tenggara: Studi Terhadap Perundang-Undangan Perkawinan Muslim Kontemporer di Indonesia dan Malaysia, Jakarta:INIS, 2002.
------Nasuition Khoiruddin, Status Wanita di Asia Tenggara: Studi Terhadap Perundang-Undangan Perkawinan Muslim Kontemporer di Indonesia dan Malaysia,h.37
Quraish M. Shihab, Tafsir Al-Misbah,(Jakarta:Lentera Hati, 2011)h. 787
Tim Pembukuan Ma’had al-Jami’ah Sunan Ampel al-‘Ali,â€Diskursus Empat Madzhab Fikih Arba’ahâ€,(Malang:Ma’had al-‘Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020).
Jurnal
Abror Rifki Ananda, “Sejarah Pembaruan Islam di Indonesiaâ€, Jurnal, Jawi, Volume.2, No.1,(2018),h. 20
Bunyan Ahmad Wahib, “Reformasi Hukum Keluarga di Dunia Muslimâ€Jurnal, jtihad: Wacana Hukum Islam dan Kemanusianâ€,Volume: 14, No.1, (Juni:2014,h.1-19): 3
-----Wahib Bunyan, “Reformasi Hukum Keluarga di Dunia Muslimâ€,: 4
-----Wahib Bunyan,â€Reformasi Hukum Keluarga di Dunia Muslimâ€: 6
Dahwal Sirman,â€Hubungan Hukum Keluarga dan Hukum Kewarisan Islam Dalam Masyarakat Modern Indonesiaâ€, Jurnal, Supremasi Hukum,Vol. 28,No.1, Januari : 2019.
Fazlur Rahman.A Survey of Modernization of Muslim Familiy Law,dalam “International Jurnal Middle East Studiesâ€.11 (1980): 452-453
Hazairin,â€Hendak Kemana Hukum Islam,cet-3,dalam Jurnal, Khoiruddin Nasution,â€Islam Membangun Masyarakat Bilateral dan Implikasinya Terhadap Hukum Keluarga Islam di Indonesiaâ€,h.92
Lewis Bernad, The Return of Islam,In Michael Curtis (ed).â€Religion and Politics in the Middle Eastâ€, pp.9-29. Dalam buku Abdullah An-Naim,Dekontruksi Syariah,h. 5
Muzhiat Aris,â€Historiografi Arab Pra Islamâ€,Jurnal,Jurnal Tsaqofah:Jurnal Agama dan Budaya,Vol. 14, No. 2 (Desember: 2019),h. 129-131
Nasution Khoiruddin, Islam Membangun Masyarakat Bilateral dan Implikasinya Terhadap Hukum Keluarga,Jurnal.(Al-Mawardi,Vol.XVII,2017): 86
-----Nasuition Khoiruddin,â€Islam Membangun Masyarakat Bilateral dan Implikasinya Terhadap Hukum Keluarga Islam di Indonesia,h.87
Rahim Abdul , Hukum Islam dan Transformasi Sosial Masyarakat Jahiliyah,Jurnal,(Jurnal Hukum Diktum,Vol 10, Januari 2017)h. 1-10
----Rahim Abdul, Hukum Islam dan Transformasi Sosial Masyarakat Jahiliyah,Jurnal,(Jurnal Hukum Diktum,Vol 10, Januari 2017): 1-10
Rajafi Ahmad,â€Sejarah Pembentukan dan Pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Nusantaraâ€,Jurnal,Aqlam-Jurnal of Islam and Plurality,Volume.2,No.2(Juni:2017): 4
Rajafi Ahmad,â€Sejarah Pembentukan dan Pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Nusantaraâ€. 11
Saleh Muhammad Tajuddin,â€Dunia Islam dalam Lintasan Sejarahâ€, Jurnal, Al-Fikr, Volume. 20, No, 1 (2016),h. 346
Setiawan Eko, “Dinamika Pembaharuan Hukum Keluargaâ€,Jurnal,de Jure:Jurnal Syariah dan Hukum,Volume.2,No.2,Desember:2014,h.139
-----Setiawan Eko,â€Dinamika Pembaharuan Hukum Keluargaâ€.147
Sucipto, “Pembaharuan Hukum Islam-Studi Terhadap Pemikiran Hukum Ibnu Taimiyahâ€, Jurnal, Asas, Vol.3,No.1,Januari:2011.
-----Sucipto,â€Pembaharuan Hukum Islam-Studi Terhadap Pemikiran Hukum Ibnu Taimiyahâ€
Sulaiman Saman,â€Pembaruan Hukum Islam-Esensi, Urgensi dan Kendalaâ€, Jurnal, Islamika, Volume.13,No.1,2013
------Sulaiman Saman,â€Pembaruan Hukum Islam-Esensi,Urgensi dan Kendalaâ€
Yushadeni,â€Kontroversi Seputar Pembaharuan Hukum Keluarga di Indonesiaâ€, Jurnal. Al-Ahwal, Vol.8,No.1,2015,h.27
Zulhamadi, “Pembaharuan Hukum Islam Di Indonesia dan Tokoh-Tokohnyaâ€,Jurnal, Islam Futura,Vol.19,No.2:2019.
-----Zulhamdi,â€Pembaharuan Hukum Islam Di Indonesia dan Tokoh-Tokohnyaâ€h.239-258
-----Zulhamdi,â€Pembaharuan Hukum Islam Di Indonesia dan Tokoh-Tokohnyaâ€,h.239-258
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Maqasid Journal and Department Islamic Family Law (Ahwal al Syakhshiyah) Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Maqasid Journal and Department Islamic Family Law (Ahwal al Syakhshiyah) Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Department Islamic Family Law (Ahwal al Syakhshiyah) Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Maqasid are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Maqasid Journal and Department Islamic Family Law (Ahwal al Syakhshiyah) Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the authors institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.