ANALISIS PEMECAHAN MASALAH TIPE OPEN ENDEED DALAM LEVEL KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30651/jpb.v8i1.9322Kata Kunci:
Keterampilan metakognitif, Open endeed, level/tingkat.Abstrak
Analisis Pemecahan Masalah Tipe Open Endeed dalam Level Keterampilan Metakognitif Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah tipe open ended. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini keterampilan metakognitif siswa diukur dengan memberikan siswa soal essay open ended yang nantinya akan dikoreksi dengan menggunakan rubrik yang terdiri atas 7 skala (0-7) yang dikembangkan oleh Corebima (2008), selanjutnya juga melakukan wawancara kepada siswa yang sudah mengerjakan soal esay open endeed. Hasil penelitian menunjukkan level/ tingkat keterampilan metakognitif siswa, sebanyak 70% siswa memiliki keterampilan metakognitif dengan kategori berkembang sangat baik, 20% siswa memiliki keterampilan metakognitif dengan kategori berkembang baik, dan 5% siswa memiliki keterampilan metakognitif dengan kategori mulai berkembang. simpulan penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya sebanyak 70% siswa memiliki keterampilan metakognitif dengan kategori berkembang sangat baik. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes essay open endeed siswa yang menunjukkan bahwa sebanyak 14 dari 20 siswa mendapatkan nilai diatas 81 dan termasuk dalam kategori berkembang sangat baik. hal tersebut dapat disinkronkan dengan hasil wawancara berbasis tes oleh perwakilan siswa.
Referensi
Nurman,Rusdianto,dkk.2017.Profil Keterampilan Metakognitif Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM.Profil Keterampilan Metakognitif...Hal.371-376.Diakses pada tanggal 17 Januari 2020
Putri, Riandani Sarwindah.2015. Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis Dan Sudut Kelas Vii-C Di Smp Negeri 1 Genteng Banyuwangi. Diakses pada tanggal 23 Januari 2020
Rustyani, Nadilla,dkk.2019.Upaya Meningkatkan Disposisi Dengan Pendekatan Open Ended Pada Siswa Smk Kelas X-Rpl B. Journal On Education Volume 01, No. 02, Februari, hal. 265-270. Diakses pada tanggal 23 Januari 2020
Setiawan, Dewi & Herawati Susilo.2015.Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi Melalui Penerapan Jurnal Belajar Dengan Strategi Jigsaw Dipadu Pbl Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Biologi Umum.Diakses pada tanggal 13 Januari 2020
Yunandasari, Febry Dwi.2015.Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Assessment Tipe Soal Open Ended dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran Banyuwangi).Jurnal Edukasi UNEJ, II (1), 2015.Diakses pada tanggal 13 Januari 2020
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.