PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MA MUHAMMADIYAH 09 LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/jpb.v7i2.9314Kata Kunci:
Aktivitas belajar, Kemampuan berpikir kritis, Model pembelajaran kooperatif tipe POE (predict-observe-explain)Abstrak
Proses pembelajaran di sekolah belum optimal dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain). Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA MA Muhammadiyah 09 Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan statistik uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata 68,04% dalam kategori kritis, dan terhadap aktivitas belajar kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,04%. Keterlaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain) dengan kategori sangat baik.
Referensi
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya
Dimyati, Mudjoko. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ertikanto, Candra. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Media Akademi
Farikha, L. I., Redjeki, T., & Utomo, S. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Disertai Eksperimen Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Universitas Sebelas Maret: Vol. 4 No 4 2015
Holisin, I., & dkk. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi & Artikel. Surabaya: UMSby
Press.
Istiqomah. (2012). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Laporan Hasil Wawancara Melalui Penerapan Modifiksi Pembelajaran Kooperatif Model CIRC dengan Media Batik Metri TV bagi Siswa Kelas X-4 SMA Negeri I Batu Tahun 2011-2012. Jurnal Ilmiyah Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Vol 7: hlm 133-263
Sari, N.K. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal. Skipsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alpabeta
Yulianto , E., Sopyan, A., & Yulianto, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kognitif Fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Semarang: ISSN 2252-6935
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.