MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII B SMP NEGERI 9 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014-2015
DOI:
https://doi.org/10.30651/jpb.v5i1.728Kata Kunci:
Discovery learning, hasil belajar, pemahamanAbstrak
Sulitnya siswa memahami materi Biologi dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih metode pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar Siswa kurang mampu dalam memahami Sistem Peredaran Darah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Discovery Learning dan laporan hasil penelitian dipublikasikan melalui jurnal menjadi salah satu persyaratan kenaikan pangkat. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan, serta verifikasi refleksi. Penggunaan Discovery Learning pada siswa, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, nilai rata rata hasil belajar sebelum tindakan 72,56, pada siklus pertama 80,51 sedangkan pada siklus kedua 89,49. Sebelum tindakan siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa atau 66,67%, pada Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa atau 71,79%, sedang pada Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa atau 89,74%. Dilihat dari ketuntasan belajar sebelum dilakukannya tindakan sampai dengan siklus kedua terdapat peningkatan hasil belajar, dapat diartikan Penggunaan Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Sistem Peredaran Darah di Kelas VIII - B SMP Negeri 9 Surabaya tahun pelajaran 2014-2015. Sebelum tindakan sebesar 2.00, sedang pada siklus pertama sebesar 3.00 dan pada siklus kedua sebesar 4.00. Dengan demikian kualitas pembelajaran dari sebelum tindakan sampai dengan siklus kedua terjadi peningkatan.Referensi
Abdullah, Abu Muhammad Ibnu. 2008. Prestasi Belajar. http://spesialis-torch.com/ content/view/ 120/29/ http://spesialis-torch. com/ content/ view/120/29/
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia.
Gunautari. 2013. Sistem Peredaran Darah https://ginautari.wordpress.com/2013/11/01/ catatan-ipa-smp-sistem-peredaran-darah-pada-manusia/
Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ristya, W. 2007. Iklim Kelas dan Prestasi Belajar. http://fai.elcom.umy.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=112
Roestiyah.2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rohani, Ahmad. 2012. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2007: Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sugiarto. Iwan. 2004 Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Soekowati, July Tri. 2006. Pengembangan Bahan Ajar Sains Biologi dengan Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Tesis. Surabaya: UNIPA
Sudjana, Nana. 2010, Penelitian dan Peniliaian Pendidikan, Bandung, Sinar Baru Algensindo.
Sanjaya, Wina. 2009.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Renanda Media Goup.
Suryosubroto.2012. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.