PENGARUH PENERAPAN MODEL MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI INVERTEBRATA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/jpb.v5i1.727Kata Kunci:
Cognitive learning outcomes, learning cycle 5E, science process skills.Abstrak
Abstrak: This study aims to (1). determine the effect of learning model Learning Cycle 5E on the material Invertebrates of the science process skills of students (2) the effect of the model Learning Cycle 5E on the material invertebrates effect on cognitive learning outcomes of students (3) determine the ability of teachers to manage learning biology through learning model Learning Cycle 5E in improving skills and the cognitive learning process of students. This study is a quasi experimental research with the study design using the design of "The Non-Equivalent Control Group". The sample in this research is class X SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Data collected with the test and non-test (observation) using research instruments observation sheet teachers 'skills in the management of learning, observation sheet skill students' science process, pretest and posttest. Data were analyzed descriptively and quantitatively test statistic T. From these results it can be concluded that: (1) There is an effect Learning Cycle 5E learning model on Invertebrate material to the students' science process skills; (2) Model Learning Cycle 5E on Invertebrate material effect on cognitive learning outcomes of students. The average value of completeness in classical the experimental class amounted to 78.2%; (3) ability to understand biology teachers manage learning by using Learning Cycle 5E models in enhancing science process skills of students and student learning outcomes SMA Muhammadiyah 7 Surabaya in he very good category.Referensi
Anonim. 2011. BSNP Paradigma Abad 21.
Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cholistyana, Ika Eliza. 2014. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayattullah.
Devi, Poppy Kamaliyah. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PPPPTK IPA.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauziatul Fajaroh dan I Wayan Dasna. 2010. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Diakses dari http://molucasablog.blogspot.com/2010/07/pembelajarandenganmodelsiklus.html pada tanggal 15 Mei 2016, jam 10.30 WIB.
Kurniawati, Astri. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Semester II MAN Tempel Pada Pembelajaran Kimia Dengan Model Learning Cycle 5E. Yogyakarta: Universitas Negeri Surabaya.
Kuswana, Wowo Sunaryo. 2014. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Longman, 2008. Science Process Skills. Malaysia: Pearson
Musarofah. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBI) Pada Pembelajaran Biologi Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Di MTs Al-Falah Buluh Dakiring Bangkalan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Nugraheni, Latif Shofiana. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa Kelas X SMA Al Islam 1 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Nuh, U. 2010. Fisika SMA online: Keterampilan Proses Sains. Artikel Pendidikan. Dari http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/03/keterampilan-proses-sains. Diakses pada 29 Mei 2016 pukul 18.15 WIB.
Rahmawati, Nur Fitria. 2009. Implementasi Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pythagoras Di Kelas XI Mtsn Sidoarjo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Jakarta: PT.Gramedia.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutiani, Wiwit. 2014. Penerapan Model Siklus Belajar 5E (Learning Cycle) Melauli Puzzle Gelkon (Gelas Konsep) Sebagai Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XB SMAN 6 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Suyono dan Haryanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful, Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiwi. 2011. Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cyle) melalui Puzzle Gelkon sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XB SMAN 6 Benngkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.