Pembelajaran Modifikasi CAM (Concept Attainment Model) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al-Ishlah Sendangagung
DOI:
https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v10i2.17820Kata Kunci:
CAM (Concept Attainment Model), Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Keterlaksanaan Pembelajaran.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran modifikasi CAM (Concept Attainment Model) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA MA Al-Ishlah Sendangagung; (2) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran modifikasi CAM (Concept Attainment Model) terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPA MA Al-Ishlah Sendangagung; (3) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran modifikasi CAM (Concept Attainment Model) keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X IPA MA Al-Ishlah Sendangagung. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan desain kelompok kontrol desain one-group pretest-posttest design. Sebagai sampel adalah siswa kelas X IPA MA Al-Ishlah Sendangagung. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan observasi, menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis, lembar pengamatan motivasi belajar siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran modifikasi CAM (ConceptAttainment Model). Teknik analisis data secara deskriptif dan statistik uji-T. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran modifikasi CAM (Concept Attainment Model) terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X MA Al-Ishlah Sendangagung. Keterlaksanaan pembelajaran modifikasi CAM (Concept Attainment Model) pada materi jamur dikategorikan sangat baik.Referensi
Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill BookEducation.
Arends, Richard I. 2004. Classroom Intruction and Management. New York: Mc Graw-Hill Company.
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Abad XXI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ennies. 1996. Critical Thinking. Prenticehall, Uper Saddle River.
Ibrahim, Muslimin. 2012. Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: University Press Surabaya.
Ibrahim, Muslimin. 2012. Seri Pembelajaran Inovatif Konsep, Miskonsepsi Dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press
Ibrahim, Muslim. 2018. Perubahan Konsepsi IPA Melalui Modifikasi Model Pemerolehan Konsep. Sidoarjo: Zifatma Jawara.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Kryawan dan Peneliti Pemuda. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik Dan Penilaian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sardiman, A. M. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PL. Raja.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Trianto. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Partnership. 2015. P21 Framework Definitions. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.