Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Smpn 04 Kopang Tahun Pembelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v10i1.14428Kata Kunci:
Metode eksperimen berbasis keterampilan proses sains, sikap ilmiah, hasil belajar kognitif.Abstrak
Berdasarkan hasil investigasi diperoleh pada saat observasi awal di SMPN 4 Kopang, bahwa masih banyaknya siswa yang kurang memahami konsep yang diajarkan sehingga solusi yang digunakan yaitu metode eksperimen berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen berbasis keterampilan proses sains terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. jenis penelitian eksperimen dengan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas VIII yang terbagi dua kelas yang seluruhnya berjumlah 54 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi dan tes untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru setelah dianalisis pertemuan pertama pada kelas eksperimen 93 dengan kategori sangat baik, pertemuan kedua 100 % dengan kategori sangat baik dan pertemuan pertama, kedua pada kelas kontrol 100 % dengan kategori sangat baik. sikap ilmiah pada kelas eksperimen nilai rata-rata pertemuan pertama dan dua 74 dan 71 % dengan kategori baik sedangkan pada kelas kontrol pertemuan satu dan dua dikelas kontrol nilai rata-rata 51 % dengan kategori kurang dari cukup, hasil belajar kognitif yang telah dianalisis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (3,41 > 2,81) sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa metode eksperimen berbasis keterampilan proses sains berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa SMPN 4 Kopang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Referensi
Astuti. 2012, Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar siswa. Jurnal Inkuiri, Vol 1. No. 1 2012 FKIP Surakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, 2012 Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.