PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INVESTIGATION BASED SCIENTIFIC COLABORATIF (IBSC) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v9i1.12416Kata Kunci:
Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Investigation Based Scientific, Colaborative (IBSC), Kemampuan Berpikir Kritis, Ketrampilan KomunikasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui validitas Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketrampilan Komunikasi Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan metode Reasearch and Developmen (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik validasi untuk mengukur validitas perangkat pembelajaran meliputi Silabus, RPP, LKS, Bahan ajar, dan Lembar tes) yang akan diukur oleh 3 validator yang ahli dalam bidangnya. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk melatih kemampuan Berpikir Kritis dan keterampilan komunikasi siswa, menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat pembelajaran (silabus, RVV, LKS, Bahan Ajar, dan Instrumen tes) didaatkan skor akhir antara 3,6 - 4 yang berarti seluruhnya berada pada kategori â€Sangat Validâ€. Hal ini menunujukan bahwa perangkat pembelajaran Model Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk melatih kemampuan Berpikir Kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada materi ekosistem untuk kelas X layak digunakan.
Referensi
BNSP. 2010. Paradigma Pendidikan Abad XXI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Ennis R H. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities University of Illinois.
MacGregor, J. (1990). â€Collaborative learning: Shared inquiry as a proces of reform†In Svinicki, M. D. (Ed.), The changing face of college teaching, New Directions for Teaching and Learning No.42.
Mitasari, Z. ( 2016 ). Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Komunikasi. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 4 No. 1, 11-14.
Nurhayati , W. (2012). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Pembelajaran Ipa Melalui Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Siswa Kelas IV SDN Bulu Lor Semarang . Journal of Elementary Education .
Sintur. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Masalah dan Keterampilan Berfikir Kreatif terhadap Penguasaan Konsep Siswa Tentang Biologi Kelas X SMAN 1 Dolo Selatan. Jurnal Biodikdatis, 54-63.
Suharti,peni (2019). Validity of Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Learning Model To Facilitate Students’ Communication and Collaborative Skills. International Conference on Research and Academic Community Services (ICRACOS 2019). Vol.390
Suharti, Peni .(2019). Model Pembelajaran Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk melatih Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan kolaborasi Siswa. Desertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Trianto, 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
UU. RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyuni , S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP . Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015.
Unduhan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.