PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INVESTIGATION BASED SCIENTIFIC COLABORATIF (IBSC) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI SISWA

Penulis

  • Nadhir Fakhrudin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Peni Suharti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v9i1.12416

Kata Kunci:

Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Investigation Based Scientific, Colaborative (IBSC), Kemampuan Berpikir Kritis, Ketrampilan Komunikasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui validitas Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Collaborative  (IBSC) Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketrampilan Komunikasi Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan metode Reasearch and Developmen (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik validasi untuk mengukur validitas perangkat pembelajaran meliputi Silabus, RPP, LKS, Bahan ajar, dan Lembar tes) yang akan diukur oleh 3 validator yang ahli dalam bidangnya. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model Investigation Based Scientific Collaborative  (IBSC) untuk melatih kemampuan Berpikir Kritis dan keterampilan komunikasi siswa, menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat pembelajaran (silabus, RVV, LKS, Bahan Ajar, dan Instrumen tes) didaatkan skor akhir  antara  3,6 - 4 yang berarti seluruhnya berada pada  kategori  â€Sangat Validâ€. Hal ini menunujukan bahwa perangkat pembelajaran Model Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk melatih kemampuan Berpikir Kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada materi ekosistem untuk kelas X  layak digunakan.

Referensi

BNSP. 2010. Paradigma Pendidikan Abad XXI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Ennis R H. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities University of Illinois.

MacGregor, J. (1990). â€Collaborative learning: Shared inquiry as a proces of reform†In Svinicki, M. D. (Ed.), The changing face of college teaching, New Directions for Teaching and Learning No.42.

Mitasari, Z. ( 2016 ). Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Komunikasi. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 4 No. 1, 11-14.

Nurhayati , W. (2012). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Pembelajaran Ipa Melalui Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Siswa Kelas IV SDN Bulu Lor Semarang . Journal of Elementary Education .

Sintur. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Masalah dan Keterampilan Berfikir Kreatif terhadap Penguasaan Konsep Siswa Tentang Biologi Kelas X SMAN 1 Dolo Selatan. Jurnal Biodikdatis, 54-63.

Suharti,peni (2019). Validity of Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Learning Model To Facilitate Students’ Communication and Collaborative Skills. International Conference on Research and Academic Community Services (ICRACOS 2019). Vol.390

Suharti, Peni .(2019). Model Pembelajaran Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk melatih Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan kolaborasi Siswa. Desertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Trianto, 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

UU. RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni , S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP . Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015.

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel