PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURABAYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Penulis

  • Naning Sugiharti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuni Gayatri Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v9i1.12414

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Hasil validasi instrumen tes kemampuan berpikir kritits kelas XI yang dikembangkan pada materi sistem pernapasan manusia, 2) Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya Pada Pembelajaran Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di 3 SMA Muhammadiyah yang ada di Kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di 3 SMA Muhammadiyah yang ada di Kota Surabaya sejumlah 199 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode Random Purposive Sampling dari SMA Muhammadiyah 1, 2 dan 9 yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode uji soal yaitu dengan menggunakan lembar instrumen tes. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Simpulan penelitian ini bahwa hasil validasi instrumen tes kemampuan berpikir kritis materi sistem pernapasan manusia kelas XI diperoleh nilai 3,6  dengan kategori sangat valid, artinya instrumen tes tersebut  layak digunakan. Kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi mencapai nilai 51,85 dengan kategori rendah.

Referensi

Cheong, C.M dan Cheung, W.S. 2008. Online Discusion and Critical Thingking Skills: A case study in a Singapore Secondary School. Australian Journal of Educational Technology. 24(5): 556-557

Donovan, L., Green, TD dan Mason, C. (2014). Meneliti ruang kelas abad ke-21: Mengembangkan peta konfigurasi inovasi. Jurnal Pendidikan Komputasi Penelitian 50(2): 161-178.

Hallatu, Y., Prasetyo, K. Haidar. A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MA BPD Tentang Konflik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34 (2): 183190

Hendra, S. (2013). Belajar Orang Genius. Jakarta: Gramedia

Jatmiko. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology And Society) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gedangan†. Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 02., No. 03., Hal: 69-61

Kazempour, E. (2013). The Effect of Inquiry Based Teaching on Critical Thinking of Students, Journal of Social Issues and Humanities. 1(3)23-27.

Listiana, Lina. 2013. “Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write)â€. Jurnal Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Nuraini, nita. 2014. The Development of Module Based on POE (Predict, Observe and Explain) with Roundhouse Diagram to Empowering 10th Grade Student’s Science Process Skills and Student’s Explaining Abilities of State Senior High School 5 Surakarta. Bioedukasi 7 (1) : 37- 43.

Redhana, I Wayan. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253

Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Shriner, Mary. (2006). Critical Thinking in Higher Education: An Annotated Bibliography. Insight : A Collection of Faculty Scholarship. 1(206):5966.

Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Tan, OS (2003). Inovasi Pembelajaran Berbasis Masalah: Menggunakan Masalah untuk Menguatkan Pembelajaran di Abad ke-21. Thomson Belajar Asia.

Tan, OS (2009) Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kreativitas. Cengage Learning Asia.

Tilaar, A.R. 2009. “Membenahi Pendidikan Nasionalâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Trilling, B. And Fadel,C. 2009. “21 st Century Skill: Learning for Life in Our Timesâ€. San Fransisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Wahyuni, dwi dkk. 2015. “Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Diintegrasikan Dengan Predict – Observe – Explain (Poe) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Inferensi Siswaâ€. Jurnal Inkuiri Vol. 4( I ), Hal: 47-62.

Yaumi, Muhammad. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Yudiana, Nur Is. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa SMK N 1 Yogyakarta. Yogyakarta

Terbitan

Bagian

Artikel