Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Pengintegrasian Bentuk-Bentuk Scaffolding pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Dian Qonita Universitas muhammadiyah Surabaya
  • Yuni Gayatri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asyari Asyari Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v11i1.19369

Keywords:

Lembar kerja siswa, Strategi pengintegrasian bentuk-bentuk scaffolding, Keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Pengintegrasian Bentuk-Bentuk Scaffolding pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development dengan rancangan 4-D (define, design, develop, disseminate) yang terbatas pada tahap develop yaitu validasi oleh ahli materi dan praktisi lapangan dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan tidak dapat melakukan uji coba produk. Sasaran penelitian yaitu Lembar Kerja Siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia untuk kelas VIII SMP/MTs. Teknik pengumpulan data melalui uji validasi menggunakan instrumen lembar validasi. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan memperoleh nilai validitas 3,54 (valid) yang terdiri atas: (1) aspek topik dengan kriteria sangat baik; (2) aspek tujuan dengan kriteria sangat baik; (3) aspek organisasi dan isi dengan kriteria baik; (4) aspek pengintegrasian bentuk-bentuk scaffolding dengan kriteria sangat baik; (5) aspek melatihkan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria sangat baik; (6) aspek pertanyaan dengan kriteria baik; (7) aspek kegrafisan dengan kriteria sangat baik; (8) dan aspek kebahasaan dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Pengintegrasian Bentuk-Bentuk Scaffolding pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis yang dikembangkan dinyatakan “valid†atau layak diujicobakan dengan modus kriteria seluruh aspek “sangat baikâ€

References

Astuti, M. W., dkk. (2018). Pengembangan Modul IPA dengan Menggunakan Model Pmbelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol. 6 No.2. Doi 10.20527/bipf.v6i2.4934. Diakses pada: Januari 29, 2020.

Cahyaningtyas, Rahayu. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif oada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk SMP Kelas VIII. E-Journal Pensa. Volume 05 Nomor 03(209 – 216). Diakses pada: Desember 30, 2019.

Facione, P. A.. 2011. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (Online). Retrieved from: jmorante@insightassessment.com Januari 20, 2020.

Gayatri, Y. (2019). Pengintegrasian Bentuk-Bentuk Scaffolding dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Siklus Belajar 5E pada Siswa dengan Gaya Belajar Berbeda untuk Menuntaskan Keterampilan Proses, Keterampilan Berpikir, dan Hasil Belajar Kognitif. (Disertasi tidak dipublikasi). Surabaya: UNESA Press.

Kholik, Noor. (2015). Penerapan Pembelajaran IPA dengan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal Kelas IX-C Semester Gasal Tahun 2014. Undergraduate (S1), UIN Walisongo.

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kurniawan, D. (2015). Pembelajaran Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Kurniawan, D. (2017). Pengembangan Perangkat pembelajaran dengan Media Screencast-o-matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi. Vol. 3 No. 1. Diakses pada: 2 Agustus 2020.

Muralidharan, K., & Niehaus, P. (2017). Experimentation at Scale. Journal of Economic Perspectives, 31(4), 103–124. doi: https://doi.org/10.1257/jep.31.4.103. Diakses pada: Januari 29, 2020.

Nabila, F. M., Gani, A., & Habibati. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 6, No. 2: 1310-1316.

OECD. (2018). The future of education and skills, Education 2030. Retrieved from: https://www.oecd.org/education/2030/E2030%20Position%20Paper%20(05.04.2018) Januari 2, 2020.

Permana, R. H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Detiknews (Online). Retrieved from: https://news.detik.com/berita/d-4808601/berdasar-survei-pisa-kualitas- pendidikan-ri-2018-turun-dibanding-2015 Januari 2, 2020.

Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, Nomor 1, Juni 2019.

Rotherdam, A. J., & Willingham, D. T. (2010). Spring 21st Century Skills Not New, but a Worthy Challenge. America: American Educator.

Rusdiansyah, A. I. (2018). Kumpulan Esai inovatif. Jakarta: Guepedia.

Siew-eng, L., Mahdi, R., Isa, M., & Abdul, B. H. (2015). Second Chance Science Education for School Leavers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 167, 288–292. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.676 Januari 29, 2020.

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: UNESA Press & ROSDA.

Published

2023-04-20

Issue

Section

Artikel