Penerapan Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MS 1B di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Amelia Yuni Aprilia Aisyah Universitas Pendidikan Mandalika
  • Septiana Dwi Utami Universitas Pendidikan Mandalika
  • Baiq Muli Harisanti Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v11i1.17965

Keywords:

Peer Tutoring, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Peer Tutoring (Teman Sebaya) pada materi pencemaran lingkungan kelas X MS 1 B di SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kediri, subyek penelitian ini adalah kelas X MS 1 B yang terdiri dari 29 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Pada analisis hasil tes belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase 12,28% dengan kategori tidak tuntas secara klasikal, pada siklus II diperoleh persentase klasikal sebesar 41,66% termasuk dalam kategori tidak tuntas secara klasikal dikarenakan hasil tes belajar siswa belum mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  Peer Tutoring tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MS 1 B SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Abdullah, A., Oviana, W., & Khatimah, H. (2011). Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia di MAN Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Biologi Edukasi, 3(2), 51-55. http://202.4.186.66/JBE/article/view/469.

Arjanggi., Ruseno & Titin, S. (2010). Metode Pembelajaran Metode Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri. Makara Sosial Humaniora. 14 (2).

Arjanggi, Ruseno dan Siprihatin, Titin. Desember 2010. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 14, No.2, Desember 2010: 9197.

Arikunto,S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Aqib,2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya

Djaramah & Zain. (2010). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamdayama,J. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hikmawati, H., Munir, A., & Parakkasi, P. (2020). Implementation of Group Investigation (GI) Cooperative Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Skills in Biology Subject. Journal of Biological Science and Education, 2(2), 69-78. https://usnsj.com/index.php/biology/article/view/2.2.69-78.

Iskandar, Srini. 2002. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Depdik

Lestari, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 150-157. http://ejournal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/491

Nawaz, A., & Ur-Rehman, Z. 2017. Strategy of Peer Tutoring and Students Success in Mathematics: An Analysis. Journal of Research and Reflections in Education, 11(1), 15-30

Rahmani, N. 2015. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains,Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Strategi Pemecahan Solso Siswa Kelas VII MTs. Nurul Huda Nyerot Tahun Pelajaran 2014/2015â€. Skripsi Ikip Mataram

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 11-20. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/935

Published

2023-04-20

Issue

Section

Artikel