Isi Artikel Utama

Abstrak

Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia telah berdampak terhadap berbagai sektor terutama sektor ekonomi dan perdagangan. Di Indonesia, tentu saja hal tersebut berdampak kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang kurang memiliki ketahanan dan fleksibilitas dalam menghadapi Pandemi. Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti tingkat digitalisasi yang masih rendah, kesulitan dalam mengakses teknologi dan kurangnya pemahaman tentang strategi bertahan dalam bisnis. Tujuan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) hadir di desa Beran Kidul Sleman untuk menguatkan nama brand/ merek sebagai upaya untuk memenangkan pasar di tengah persaingan yang ketat serta pengadaan alat mixer untuk meningkatkan produksi. Sasaran program adalah kelompok usaha produk sabun cuci piring yang terdiri dari 3 keluarga yang mengalami kendala dalam produksi dan pemasaran apalagi di tengah Pandemi Covid 19 berdampak pada penjualan menurun dan mitra belum memanfaatkan teknologi untuk menjangkau konsumen. Metode yang di gunakan adalah Penyuluhan dan Pendampingan Digitalisasi Marketing beserta piranti Branding Image. Output Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan, kini mitra mampu meningkatkan penjualan, memenuhi permintaan hingga 2 kali lipat. Selain itu mitra sudah memiliki pemahaman penguatan Branding awareness dan digitalisasi marketing. Untuk mendukung digitalisasi marketing, pengabdi melatih cara membuat toko online via media sosial bisnis dan pelatihan penyusunan konten untuk di upload seperti foto produk dan informasi produk. Mitra kini memiliki toko online di Marketplace Shopee.

Kata Kunci

branding awareness digitalisasi marketin toko online

Rincian Artikel

Referensi

  1. Aaeker, David. 2014. Aaker On Branding : 20 Prinsip Esensial Mengelola Dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  2. Chaffey, Dave, Fiona Ellis Chadwick, Kevin Johnston, and Richard Mayer. 2000. Internet Marketing : Strategy, Implementation And Practice. First edit. London: Pearson Education Limited.
  3. Hardilawati, Wan Laura. 2020. “Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Akuntansi & Ekonomika 10(1): 154–68.
  4. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 2020. https://kemenkopukm.go.id/.
  5. Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Pirnsip Pemasaran. kesembilan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
  6. Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Pearson Education Limited.
  7. Kusno, Fera, Amanda Radityani, and Monika Kristanti. 2007. “Analisa Hubungan Brand Strategy Yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Cafe Dan Brand Equity Yang Sudah Diterima Konsumen.†Jurnal Manajemen Perhotelan 3(1): 43–55.
  8. Mardiana, C, and R Puspitasari. 2018. “Pengembangan Desain Produk Unggulan IKM Di Kabupaten Malang Jawa Timur Yang Berdaya Saing Tinggi.†Jurnal ITATS.
  9. Prabowo, Willy Andrian. 2018. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur.†Jurnal Manajemen Pemasaran 12(2): 101–12.
  10. Pradiani, Theresia. 2018. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.†Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia 11(2): 46–53.
  11. Purwana, Dedi, R Rahmi, and Shandy Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.†Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1): 1–17.
  12. Setyorini, Dini, Ety Nurhayaty, and Rosmita Rosmita. 2019. “Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat).†Jurnal Mitra Manajemen 3(5): 501–9.
  13. Suaidah, Ahmad Ari Aldino , Kurnia Rimadhanti Ningtyas , Lulud Oktaviani , Rido Febryansyah , Ika Septiana,2023 "Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Marning Mesuji melalui Teknologi Terbarukan" Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7, No. 2, Mei 2023 Hal 292 – 301
  14. Suwardi, Adi Bejo, Baihaqi, Syardiansah, and Zidni Ilman Navia. 2021. “Penguatan Pemasaran Produk Tenun Lidi Nipah Pada Kelompok Bungong Chirih Melalui Aplikasi E-Marketing Pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27(2): 142–46.
  15. Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Pertama. Malang: Bayumedia Publishing.