Isi Artikel Utama

Abstrak

Galgil Indonesia atau lebih dikenal dengan Kaos Galgil, adalah salah satu UMKM yang mengangkat identitas kota Tegal dan keunikannya melalui berbagai produk, dimana produk unggulannya adalah kaos dengan desain khas Tegal. Dimasa pandemi dengan pembatasan mobilitas dan penutupan akses ke beberapa wilayah di kota Tegal mengakibatkan penurunan penjualan yang sangat signifikan. Hal ini dikarenakan proses jual beli kaos Galgil selama ini hanya dilakukan melalui toko fisik yang bergantung pada mobilitas konsumen. Manajemen Galgil Indonesia juga telah berusaha memperluas model penjualannya melalui penjualan online dimana dilakukan dengan mendaftarkan diri pada marketplace. Namun langkah tersebut tidak secara signifikan meningkatkan penjualan. Hal inilah yang mendasari pelaksana pengabdian bermitra dengan Galgil Indonesia untuk membangun toko online untuk kaos Galgil sebagai diversifikasi metode pemasarannya dan menjadi solusi bagi permasalahan selama masa pandemi. Menggunakan platform Woocommerce dan Wordpress, pengembangan toko online Galgil Indonesia menjadi lebih cepat, efisien, dan hemat biaya pengembangan. Selain itu toko online menjadi pengukuhan eksistensi Galgil Indonesia di Internet sebagai brand fashion UMKM.

Kata Kunci

metode pemasaran toko online woocommerce.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Sam Farisa Chaerul Haviana, Universitas Islam Sultan Agung Semarang - UNISSULA

Prodi Teknik Informatika UNISSULA

Imam Much Ibnu Subroto, Universitas Islam Sultan Agung Semarang - UNISSULA

Prodi Teknik Informatika UNISSULA

Yusuf Arief Wicaksono, Universitas Islam Sultan Agung Semarang - UNISSULA

Prodi Teknik Informatika UNISSULA

Referensi

  1. Anjarkusuma, D., Soepeno, B., Niaga, J. A., Malang, N., & Id, D. A. C. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS, 2(1), 63.
  2. Bukit, F. R. A., AS, G. G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 229–236.
  3. Darnis, F., Azdy, R. A., Stmik, ), & Rahmat, P. J. B. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. Sindimas, 29(1), 275–278. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584
  4. Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92
  5. Hamdani, A. U., & Syuhendra. (2020). Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Toko Adhizzshop Dengan Menggunakan Woocommerce. IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, 3(1), 26–33.
  6. Lengkong, N. C., Safitri, O., Machsus, S., Putra, Y. R., Syahadati, A., & Nooraeni, R. (2021). Analisis Sentimen Penerapan Psbb Di Dki Jakarta Dan Dampaknya Terhadap Pergerakan Ihsg. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 20. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.866
  7. Luqyana, W. A., Cholissodin, I., & Perdana, R. S. (2018). Analisis Sentimen Cyberbullying Pada Komentar Instagram dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya.
  8. Muharam, M., & Persada, A. G. (2020). Implementasi Penggunaan Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Guna Meningkatkan Jangkauan Pasar (Studi Kasus: Desa Sumberejo). AUTOMATA, 1(2).
  9. Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
  10. Nguyen, L. (2019). Building e-commerce solutions with Woocommerce.
  11. Pamungkas, P. Y. (2019). Perancangan E-Commerce Berdasarkan Kebutuhan Transaksi Online pada Kerajinan Rotan Menerapkan Woocommerce dan Payment Gateway. Universitas Brawijaya, Vol 7, No.
  12. Permoni, S., & Ariesta, A. (2019). Penjualan Online Pada Toko FRIEND SHOES JKT Dengan Menggunakan Woocommerce. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 2(6), 244–251.
  13. Pratama, A. F., & Diana, A. (2021). Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocommerce Pada Hopeandsoles . Id. Universitas Budi Luhur, 4, 20–30.
  14. Rachmaniar, Ani and Saefudin, M. (2018). Perancangan E-Commerce Penjualan Buku Online Menggunakan WP WooCommerce dan Smartphone Android. Jurnal Ilmiah Komputasi, 17(1), 41–48. https://doi.org/10.32409/jikstik.17.1.2344
  15. Raudlatul Itsnaini, P., & Sunariya, M. J. S. (2020). Analisis Dampak Penerapan Psbb Terhadap Pasar Modal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  16. Ravensbergen, R. (2015). Building E-Commerce Solutions with WooCommerce Second Edition.
  17. Rizal, M., Afrianti, R., & Abdurahman, I. (2021). Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) bagi Pelaku Bisnis Coffe shop pada Masa Pandemi Terdampak COVID-19 di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi, 12(1), 96–105.
  18. Safii, I., & Santoso, H. B. (2020). Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Di Usaha Tani Tirta Binangun Menggunakan WP Woocommerce. JURMATIS : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Industri, 2(2), 84. https://doi.org/10.30737/jurmatis.v2i2.950
  19. Samodra, J., Pahlevi, A. S., & Hermanto, Y. A. L. (2019). Pasar Desa Digital Berbasis Web Sebagai Media Promosi Bagi Umkm. Jurnal KARINOV, 2(3), 177. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p177-180