Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat umum mengenai kebijakan pariwisata serta hak dan kewajiban wisatawan di Malaysia dan Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar internasional yang melibatkan kolaborasi antara Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia. Materi utama yang disampaikan meliputi gambaran umum kebijakan pariwisata Malaysia, mekanisme pengaduan wisatawan yang difasilitasi oleh pemerintah dan swasta, tantangan dan hambatan dalam pelayanan pariwisata, serta penerapan smart tourism dalam sistem pengaduan digital. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta, serta tumbuhnya minat mahasiswa untuk melakukan kunjungan wisata ke negara mitra. Kegiatan ini juga mendorong kolaborasi akademik lintas negara dan memperluas wawasan lintas budaya antar generasi muda. Dengan pendekatan partisipatif dan pemanfaatan teknologi digital, pengabdian ini tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga membangun jejaring dan semangat saling menghargai antarbangsa melalui sektor pariwisata. Kegiatan ini diharapkan menjadi model pengabdian internasional yang berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan global saat ini.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Amelia, V., & Prasetyo, D. (2022). Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environment) terhadap Objek Wisata sebagai Wujud Pemenuhan Hak Wisatawan. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 92–99.
- Annamalah, S., Paraman, P., Ahmed, S., Dass, R., Sentosa, I., Pertheban, T. R., Shamsudin, F., Kadir, B., Aravindan, K. L., & Raman, M. (2023). The role of open innovation and a normalizing mechanism of social capital in the tourism industry. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(2), 100056.
- Badan Pusat Statistik. (2025). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Kunjungan), 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTgyMSMy/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan–kunjungan-.html
- Coles, T., & Hall, C. M. (2011). Rights and regulation of travel and tourism mobility. Journal of Policy Research in Tourism, Leisure and Events, 3(3), 209–223.
- Dedees, A. R. (2016). Melayu di Atas Tiga Bendera: Konstruksi Identitas Nasionalisme Masyarakat Perbatasan di Kepulauan Batam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 141–153.
- Devicha, Y. (2022). Strategi Pengembangan Produk Wisata Untuk Meningkatkan Kepuasan Wisatawan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
- Douglas, A. (2009). A survey of corporate travellers in South Africa: towards a model for travel policy compliance. University of Pretoria.
- Hermanto, B., Suryanto, S., & Tahir, R. (2021). Sosialisasi Layanan Financial Technology Bagi Pelaku Industri Pariwisata Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 471. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35700
- Higgins, N., Ferri, D., & Donnellan, K. (2023). Enhancing access to digital culture for vulnerable groups: the role of public authorities in breaking down barriers. International Journal for the Semiotics of Law-Revue Internationale de Sémiotique Juridique, 36(5), 2087–2114.
- Jamal, T., & Higham, J. (2021). Justice and ethics: Towards a new platform for tourism and sustainability. In Justice and Tourism (pp. 1–15). Routledge.
- Laheri, P. E. (2015). Tanggung Jawab Negara Terhadap Kerugian Wisatawan Berkaitan Dengan Pelanggaran Hak Berwisata Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 4(1). https://doi.org/10.24843/JMHU.2015.v04.i01.p10
- Malaysia Tourism Promotion Board (MTPB). (2025). Visitor Performance to Malaysia. https://data.tourism.gov.my/
- Pawestri, A., Wahyuliana, I., Nugroho, L. D., & Rusdina, E. (2022). Optimizing the Role of Local Governments in Improving the Fulfilment of Tourist Rights. SHS Web of Conferences, 149, 3023.
- Riansyah, A., & Ismail, N. (2024). Pengaruh Tingkat Literasi Wisata Halal, dan Perilaku Wisatawan Terhadap Minat Berwisata Halal di Provinsi Riau. Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 9(1), 110–126.
- Shen, C., & Yahya, Y. (2021). The impact of service quality and price on passengers’ loyalty towards low-cost airlines: The Southeast Asia perspective. Journal of Air Transport Management, 91, 101966.
- Škrabić Perić, B., Šimundić, B., Muštra, V., & Vugdelija, M. (2021). The role of unesco cultural heritage and cultural sector in tourism development: The case of EU countries. Sustainability, 13(10), 5473.
- Sondakh, M. R., Kalalo, M. E., & Tinangon, E. N. (2025). Hak Dan Kewajiban Pengusaha Pariwisata Terhadap Kelestarian Lingkungan Di Destinasi Wisata Bukit Kasih Kanonang. Lex Administratum, 13(2).
- Subari, W. A. (2025). Warga Negara: Hak dan Kewajiban dalam Masyarakat. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/758902/warga-negara-hak-dan-kewajiban-dalam-masyarakat
- Wondirad, A., Tolkach, D., & King, B. (2020). Stakeholder collaboration as a major factor for sustainable ecotourism development in developing countries. Tourism Management, 78, 104024.
Referensi
Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Amelia, V., & Prasetyo, D. (2022). Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environment) terhadap Objek Wisata sebagai Wujud Pemenuhan Hak Wisatawan. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 92–99.
Annamalah, S., Paraman, P., Ahmed, S., Dass, R., Sentosa, I., Pertheban, T. R., Shamsudin, F., Kadir, B., Aravindan, K. L., & Raman, M. (2023). The role of open innovation and a normalizing mechanism of social capital in the tourism industry. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(2), 100056.
Badan Pusat Statistik. (2025). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Kunjungan), 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTgyMSMy/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan–kunjungan-.html
Coles, T., & Hall, C. M. (2011). Rights and regulation of travel and tourism mobility. Journal of Policy Research in Tourism, Leisure and Events, 3(3), 209–223.
Dedees, A. R. (2016). Melayu di Atas Tiga Bendera: Konstruksi Identitas Nasionalisme Masyarakat Perbatasan di Kepulauan Batam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 141–153.
Devicha, Y. (2022). Strategi Pengembangan Produk Wisata Untuk Meningkatkan Kepuasan Wisatawan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Douglas, A. (2009). A survey of corporate travellers in South Africa: towards a model for travel policy compliance. University of Pretoria.
Hermanto, B., Suryanto, S., & Tahir, R. (2021). Sosialisasi Layanan Financial Technology Bagi Pelaku Industri Pariwisata Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 471. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35700
Higgins, N., Ferri, D., & Donnellan, K. (2023). Enhancing access to digital culture for vulnerable groups: the role of public authorities in breaking down barriers. International Journal for the Semiotics of Law-Revue Internationale de Sémiotique Juridique, 36(5), 2087–2114.
Jamal, T., & Higham, J. (2021). Justice and ethics: Towards a new platform for tourism and sustainability. In Justice and Tourism (pp. 1–15). Routledge.
Laheri, P. E. (2015). Tanggung Jawab Negara Terhadap Kerugian Wisatawan Berkaitan Dengan Pelanggaran Hak Berwisata Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 4(1). https://doi.org/10.24843/JMHU.2015.v04.i01.p10
Malaysia Tourism Promotion Board (MTPB). (2025). Visitor Performance to Malaysia. https://data.tourism.gov.my/
Pawestri, A., Wahyuliana, I., Nugroho, L. D., & Rusdina, E. (2022). Optimizing the Role of Local Governments in Improving the Fulfilment of Tourist Rights. SHS Web of Conferences, 149, 3023.
Riansyah, A., & Ismail, N. (2024). Pengaruh Tingkat Literasi Wisata Halal, dan Perilaku Wisatawan Terhadap Minat Berwisata Halal di Provinsi Riau. Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 9(1), 110–126.
Shen, C., & Yahya, Y. (2021). The impact of service quality and price on passengers’ loyalty towards low-cost airlines: The Southeast Asia perspective. Journal of Air Transport Management, 91, 101966.
Škrabić Perić, B., Šimundić, B., Muštra, V., & Vugdelija, M. (2021). The role of unesco cultural heritage and cultural sector in tourism development: The case of EU countries. Sustainability, 13(10), 5473.
Sondakh, M. R., Kalalo, M. E., & Tinangon, E. N. (2025). Hak Dan Kewajiban Pengusaha Pariwisata Terhadap Kelestarian Lingkungan Di Destinasi Wisata Bukit Kasih Kanonang. Lex Administratum, 13(2).
Subari, W. A. (2025). Warga Negara: Hak dan Kewajiban dalam Masyarakat. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/758902/warga-negara-hak-dan-kewajiban-dalam-masyarakat
Wondirad, A., Tolkach, D., & King, B. (2020). Stakeholder collaboration as a major factor for sustainable ecotourism development in developing countries. Tourism Management, 78, 104024.

