Isi Artikel Utama

Abstrak

Permasalahan terkait rendahnya prestasi belajar peserta didik sering kali dikaitkan dengan kondisi status gizi yang tidak optimal, terutama akibat asupan makanan yang tidak adekuat pada pagi hari. Sarapan memiliki peran penting dalam menunjang fungsi kognitif, termasuk konsentrasi, daya ingat, serta ketahanan fisik selama proses pembelajaran. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan intervensi edukatif menggunakan pendekatan quasi-eksperimental (one-group pretest–posttest) dengan dukungan metode partisipatif melalui demonstrasi memasak dan keterlibatan orang tua melalui program “Sarapan Cerdas” yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan praktik sarapan dalam rangka mendukung peningkatan prestasi belajar siswa dikemudian hari. Metode pelaksanaan yang dilakukan meliputi 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media edukasi yang digunakan terdiri atas leaflet sebagai panduan praktis bagi siswa, booklet informatif untuk orang tua, serta demonstrasi memasak menu sarapan bergizi yang aplikatif dan sesuai prinsip gizi seimbang. Evaluasi program dilakukan melalui pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa secara signifikan, dengan kategori “sangat baik” meningkat dari 68% menjadi 90%. Selain itu, orang tua menunjukkan kemampuan dalam mereplikasi menu sarapan sehat di rumah. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan edukasi berbasis sekolah yang memanfaatkan media edukatif dan melibatkan peran aktif keluarga memiliki efektivitas dalam membentuk kebiasaan makan sehat, mendukung pencapaian status gizi yang optimal, serta berkontribusi terhadap peningkatan prestasi akademik siswa.

Kata Kunci

edukasi Prestasi sarapan demonstrasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rafkhani, T., Rachmawati, L., Noviana, A., Ulfa, M., Kirana, D. S., & Khikmah, A. N. (2025). Penerapan Program Edukasi Gizi dan Demonstrasi Memasak untuk Meningkatkan Praktik “Smart Breakfast” pada Siswa SD Petompon 03. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 540–549. https://doi.org/10.30651/aks.v9i4.27739

Referensi

  1. Adolphus, K., Lawton, C. L., Champ, C. L., & Dye, L. (2016). The Effects of Breakfast and Breakfast Composition on Cognition in Children and Adolescents: A Systematic Review. Advances in Nutrition, 7(3), 590S-612S. https://doi.org/10.3945/an.115.010256
  2. Avissa, F., Nursalam, N., & Ulfiana, E. (2019). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi dan Metode Ceramah dengan Media Booklet terhadap Perubahan Pengetahuan dan Tindakan Mencuci Tangan pada Anak Prasekolah. Fundamental and Management Nursing Journal, 1(1), 59. https://doi.org/10.20473/fmnj.v1i1.12132
  3. Azadirachta, F. L., & Sumarmi, S. (2018). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan dan Praktik Konsumsi Sayur dan Buah Pada Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 12(2), 107. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.107-115
  4. Bell, L., Dodd, G. F., Jeavons, M., Fisher, D. R., Whyte, A. R., Shukitt-Hale, B., & Williams, C. M. (2025). The impact of a walnut-rich breakfast on cognitive performance and brain activity throughout the day in healthy young adults: a crossover intervention trial. Food & Function, 16(5), 1696–1707. https://doi.org/10.1039/D4FO04832F
  5. Gao, C. L., Zhao, N., & Shu, P. (2021). Breakfast Consumption and Academic Achievement Among Chinese Adolescents: A Moderated Mediation Model. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.700989
  6. Indriasari, R., Nadjamuddin, U., Arsyad, D. S., & Iswarawanti, D. N. (2021). School-based nutrition education improves breakfast-related personal influences and behavior of Indonesian adolescents: a cluster randomized controlled study. Nutrition Research and Practice, 15(5), 639. https://doi.org/10.4162/nrp.2021.15.5.639
  7. Insani, H. M., Kustiyah, L., & Dwiriani, C. M. (2022). Breakfast Habits of Adolescents in Bandung. Journal of Applied Food and Nutrition, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/jafn.v1i1.34321
  8. Kalsum, U., Saputra, Z. A., Noorma, N., & Wahyuni, E. P. (2025). The Effect of Nutritional Intake Education to Parents in Improving Feeding Patterns on The Growth of Stunted Children. Journal of Universal Studies, 5(4), 4311–4320.
  9. Kawafha, M. (2018). The Effect of Breakfast Education Program for Parents on Academic Achievement of Primary School Children. Global Journal of Health Science, 10(4), 77. https://doi.org/10.5539/gjhs.v10n4p77
  10. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Survei Diet Total Badan Litbangkes 2020.
  11. Littlecott, H. J., Moore, G. F., Moore, L., Lyons, R. A., & Murphy, S. (2016). Association between breakfast consumption and educational outcomes in 9–11-year-old children. Public Health Nutrition, 19(9), 1575–1582. https://doi.org/10.1017/S1368980015002669
  12. Lundqvist, M., Vogel, N. E., & Levin, L.-Å. (2019). Effects of eating breakfast on children and adolescents: A systematic review of potentially relevant outcomes in economic evaluations. Food & Nutrition Research, 63(0). https://doi.org/10.29219/fnr.v63.1618
  13. Menor-Rodriguez, M. J., Cortés-Martín, J., Rodríguez-Blanque, R., Tovar-Gálvez, M. I., Aguilar-Cordero, M. J., & Sánchez-García, J. C. (2022). Influence of an Educational Intervention on Eating Habits in School-Aged Children. Children, 9(4), 574. https://doi.org/10.3390/children9040574
  14. Nur Amalia, A. S. S., Sri Rejek, D. S., Sari, E. N., Rachmani, N. N., Rahmatika, N. T., & Sudrajat, N. F. (2022). Efektivitas Metode Kelas Memasak bagi Ibu Balita untuk Mencegah Stunting di Desa Jipang Kecamatan Karanglewas. Kesmas Indonesia, 14(1), 12. https://doi.org/10.20884/1.ki.2022.14.1.4842
  15. Prihandani, E., Anshar, S. N., & Wulandari, A. (2024). Inovasi Menu Sarapan Sehat : Edukasi Mengenai Pentingnya Sarapan bagi Anak Sekolah. Jurnal Abdi Masyarakat ERAU, 03(02), 42–49.
  16. Priyantini, D., Ananditha, A. C., Wulandari, Y., & Azahra, Y. (2025). Relationship Between Breakfast Habits and Nutritional Status of School-Age Children. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 10(1), 15–19. https://doi.org/10.20473/ijchn.v10i1.65743
  17. Rafkhani, T., & Mulyati, R. (2024). Peran Media Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Kebiasaan Makan Sehat pada Anak Sekolah. NUTRIZIONE (Nutrition Research and Development Journal), 04. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/nutrizione/
  18. Said, A. M., Latersia, Y., & Muniroh, L. (2024). Relationship between Breakfast Habits and Nutritional Status with Learning Achievement in Strada Nawar Bekasi Junior High School Students. Media Gizi Indonesia, 19(2), 148–157. https://doi.org/10.20473/mgi.v19i2.148-157
  19. Sari, B. N., Nadila, S., Novia, Sitanggang, M., & Zannah, F. (2024). Sosialiasi Sarapan Sehat pada Siswa SDN-1 Kasongan Baru . HUMA BETANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 26–31.
  20. Sharlin, J., & Edelstein, S. (2014). Buku Ajar Gizi dalam Daur Kehidupan. EGC.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.