Isi Artikel Utama
Abstrak
Regulasi Emosi bagi anak PAUD menjadi salah satu indikator pembelajaran dalam kurikulum PAUD. Guru diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar menarik dalam penanaman karakter regulasi emosi pada anak. Berbagai macam metode pembelajaran dan penanaman karakter bagi anak PAUD, salah satu yang terbukti efektif dan menyenangkan bagi anak adalah metode berkisah. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang regulasi emosi dan penusunan satuan pembelajaran serta aplikasi tekhnik berkisah dalam menanaman regulasi emosi ala Rasulullah. Menggunakan metode lokakarya/workshop dalam jaringan dengan fasilitas aplikasi Zoom Meeting. Peserta merupakan guru PAUD A’isyiyah Bustanul Athfal dari 7 Kota/Kabupaten seluruh Papua yang berada di bawah arahan Majelis DIKDASMEN PWA Papua dengan keseluruhan peserta sebanyak 52 orang. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dengan tiga materi lokakarya, pengerjaan kertas kerja dan demonstrasi metode berkisah yang diikuti oleh 7 perwakilan peserta. Hasil dari lokakarya ini, selain terdapat peningkatan pengetahuan tentang regulasi emosi ala Rasulullah, guru menyusun satuan pembelajaran berkaitan dengan regulasi emosi dan dapat mempraktikkan penanaman regulasi emosi dengan tehnik berkisah.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Bloor, C. (2019). Temperament and Emotionality. In Temperament (Issue May, pp. 53–68). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367816537-5
- Braet, C., Theuwis, L., Van Durme, K., Vandewalle, J., Vandevivere, E., Wante, L., Moens, E., Verbeken, S., & Goossens, L. (2014). Emotion Regulation in Children with Emotional Problems. Cognitive Therapy and Research, 38(5), 493–504. https://doi.org/10.1007/s10608-014-9616-x
- Diana, R. R. (2015). Pengendalian Emosi Menurut Psikologi Islam. Unisia, 37(82), 41–47. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art5
- Husnaini, R. (2019). Hadis mengendalikan amarah dalam perspektif psikologi. Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 4(1), 79–87.
- Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 206. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7636
- Maryatun, I. B. (2016). PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
- Masruroh, A. (2015). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 61. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.759
- Mulyaningsih, L. (2019). Peran guru dalam meningkatkan pendidikan akhlak anak usia dini melalui pembelajaran buku kisah teladan nabi muhammad saw. (Doctoral Dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
- Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
- Partikasari, R., Nurwita, S., & Uliya, N. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Di Paud Al-Anisa Kelompok B Bentiring Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.975
- Pratisti, W. D. (2013). Peran orangtua dalam perkembangan kemampuan regulasi emosi anak : model teoritis. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 322–333.
- Rohmah, A. N., & Subandji. (2021). Peranan Guru Paud Dalam Penanaman Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk 02 Munggur, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaraan 2020/2021. (Doctoral Dissertation, IAIN SURAKARTA)., 4(1), 6.
- Saleh, M. (2013). Pendidikan Karakter Paud. Pendidikan Karakter Paud, 02.
- Sanchis-Sanchis, A., Grau, M. D., Moliner, A. R., & Morales-Murillo, C. P. (2020). Effects of Age and Gender in Emotion Regulation of Children and Adolescents. Frontiers in Psychology, 11(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00946
- Sartono, A. Z. (2020). Kecerdasan emosional dalam perspektif Al Quran. February. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38650
- Stephani Raihana, H. (2017). Kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an. SCHEMA: Journal of Psychology Research, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1807
- Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
Referensi
Bloor, C. (2019). Temperament and Emotionality. In Temperament (Issue May, pp. 53–68). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367816537-5
Braet, C., Theuwis, L., Van Durme, K., Vandewalle, J., Vandevivere, E., Wante, L., Moens, E., Verbeken, S., & Goossens, L. (2014). Emotion Regulation in Children with Emotional Problems. Cognitive Therapy and Research, 38(5), 493–504. https://doi.org/10.1007/s10608-014-9616-x
Diana, R. R. (2015). Pengendalian Emosi Menurut Psikologi Islam. Unisia, 37(82), 41–47. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art5
Husnaini, R. (2019). Hadis mengendalikan amarah dalam perspektif psikologi. Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 4(1), 79–87.
Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 206. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7636
Maryatun, I. B. (2016). PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Masruroh, A. (2015). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 61. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.759
Mulyaningsih, L. (2019). Peran guru dalam meningkatkan pendidikan akhlak anak usia dini melalui pembelajaran buku kisah teladan nabi muhammad saw. (Doctoral Dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Partikasari, R., Nurwita, S., & Uliya, N. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Di Paud Al-Anisa Kelompok B Bentiring Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.975
Pratisti, W. D. (2013). Peran orangtua dalam perkembangan kemampuan regulasi emosi anak : model teoritis. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 322–333.
Rohmah, A. N., & Subandji. (2021). Peranan Guru Paud Dalam Penanaman Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk 02 Munggur, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaraan 2020/2021. (Doctoral Dissertation, IAIN SURAKARTA)., 4(1), 6.
Saleh, M. (2013). Pendidikan Karakter Paud. Pendidikan Karakter Paud, 02.
Sanchis-Sanchis, A., Grau, M. D., Moliner, A. R., & Morales-Murillo, C. P. (2020). Effects of Age and Gender in Emotion Regulation of Children and Adolescents. Frontiers in Psychology, 11(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00946
Sartono, A. Z. (2020). Kecerdasan emosional dalam perspektif Al Quran. February. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38650
Stephani Raihana, H. (2017). Kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an. SCHEMA: Journal of Psychology Research, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1807
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854