Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam konteks peningkatan mutu pendidikan vokasi, diperlukan upaya sistematis untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara profesional, tetapi juga berakhlak mulia dan berdaya saing di era digital. Keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi masih perlu ditingkatkan agar digitalisasi pendidikan dapat berjalan optimal. Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelompok Guru Kejuruan SMK Sunanul Muhtadin bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan cara meningkatkan minat baca siswa dan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi pendidikan. Pelatihan dan pengembangan digitalisasi sumber belajar literasi, melalui penerapan QR Code berbasis website, diharapkan dapat membangkitkan minat baca dikalangan siswa serta meningkatkan keterampilan kepada guru dalam menciptakan sumber belajar digital yang interaktif. Metode pelatihan yang disampaikan diantaranya presentasi, diskusi, dan praktik. Hasil pelatihan terdapat peningkatan literasi siswa dari 65% menajdi 85%. Guru juga lebih kreatif dalam menyiapkan sumber belajar digital. Dari sisi manfaat kegiatan ini memiliki dampak terhadap peningkatan literasi siswa. Adapun tindak lanjut dari kegiatan adalah melakukan pendampingan berkelanjutan, mendorong kolaborasi antar guru dalam pengembangan konten, serta melakukan evaluasi dan diseminasi hasil untuk memastikan keberlanjutan dan dampak positif bagi SMK Sunanul Muhtadin Gresik.

Kata Kunci

literasi siswa sumber belajar digital kelompok guru

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fitria, R. N., Halida, A. N., Khoiri, A. A., Al Faruq, M. S., Auliyah, R., & Azzahra, N. A. (2025). Digitalisasi Sumber Belajar Interaktif Berbasis QR Code untuk Peningkatan Literasi Siswa SMK. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 506–514. https://doi.org/10.30651/aks.v9i4.27717

Referensi

  1. Demmanggasa, Yultan, Mashudah Sabilaturrizqi, Kasnawati, and Budi Mardikawati. 2023. “DIGITALISASI PENDIDIKAN: AKSELERASI LITERASI DIGITAL MELALUI EKSPLORASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN.” Communnity Development Journal (5):1158–67.
  2. Firdaus, Andrian, and Alfan Hadi. 2023. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Abata.” LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia 2(1):40–45. doi: 10.58218/literasi.v2i1.492.
  3. Isma, Cut Nelga, Rina Rahmi, and Hanifuddin Jamin. 2022. “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 14(2):129–41. doi: https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317.
  4. Ismuhadi, Wahyu Sukartiningsih, and Syafruddin. 2023. “Pengembangan Model Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Pemanfaatan Akun Belajar.Id Pada Drive Bersama.” Jurnal Penelitian Pendidikan 10(1). doi: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7438.
  5. Kadarwati, Ani, and Ibadullah Malawi. 2017. Pembelajaran Tematik: Konsep Dan Aplikasi. 2nd ed. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.
  6. Khusnah, Wakhibah Dwi. 2024. DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK. Vol. 5.
  7. Mamonto, Fara Humaira, Lanto Ningrayati Amali, and Arip Mulyanto. 2024. “INVERTED: Journal of Information Technology Education Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Di SMK Negeri 1 Modayag Barat.” 4(2).
  8. Nasrullah A, and Ali Wira Rahman. 2023. “Digitalisasi Pembelajaran Di Sekolah.” Journal on Education 5(5):5238–46.
  9. Rizqiya, Nur Wahyu, and Puspita Pebri Setiani. 2024. “DIGITALISASI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS VIl MTs.” Jurnal Muara Pendidikan 9(1):49–54. doi: 10.52060/mp.v9i1.1942.
  10. Sabila, Arini Tika, and Mutrofin. 2023. “Urgensi Peningkatan Kualitas Literasi Keislaman Melalui Digitalisasi (Studi Pada Followers Tiktok Da’i Muda Husain Basyaiban).” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 8(1):45.
  11. Setiani, Dea Putri. n.d. “OPTIMALISASI PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL.” 1–7.
  12. Sumardi, Kamin, Ade Gafar Abdullah, and Dedi Rohendi. 2023. “Kemampuan Digitalisasi Bahan, Media Dan Evaluasi Guru SMK.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 4(4):3687–94. doi: 10.55338/jpkmn.v4i4.
  13. Syafila, Islamiyah, and Rani Jayanti. 2022. “Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Efektivitas Keterampilan Menulis Cerpen.” Pp. 456–63 in Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring).
  14. Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, and Intan Permata Sari. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” JURNAL JENDELA PENDIDIKAN 2(04):529–35. doi: 10.57008/jjp.v2i04.301.
  15. Wirawan, Arif Wahyu, C. Dyah Sulistyaningrum Indrawati, and Andre Novie Rahmanto. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Vokasi 7(1):78–86. doi: 10.21831/jpv.v7i1.12879.

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.