Isi Artikel Utama
Abstrak
Persoalan anak terlantar masih menjadi persoalan serius di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Sosial yang diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) SIKS-NG per-15 Desember 2020, jumlah anak terlantar di Indonesia sebanyak 67.368 orang. Angka tersebut bisa jadi lebih tinggi karena tidak semua anak yang terlantar datanya terekam dengan baik. Permasalahan IMM Allende yang menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian diantaranya; SDM yang kurang memiliki karakter tangguh dalam melakukan kerja sosial di lapangan, kurangnya penguasaan dalam melakukan pendekatan kepada anak-anak jalanan yang menjadi sasaran binaan. Sedangkan permasalahan binaan mitra yakni motivasi belajar rendah, dan terbatasnya waktu belajar karena harus bekerja. Tujuan kegiatan pengabdian ini pertama untuk membantu penguatan organisasi dan SDM mitra agar memiliki kesiapan  pendampingan pada anak-anak jalanan,  membantu membangun penguatan hubungan antara mitra dan anak binaan serta menciptakan pembelajaran yang menarik dalam proses pendampingan. Metode penanganan pada kegiatan PKM ini adalah metode Street Based. Hasil dari pengabdian ini, anak-anak yang menjadi sasaran mitra terpenuhi haknya mendapatkan layanan pendidikan. Mereka antusias dan mengalami peningkatan kemampuan hasil belajar. Sedangkan bagi relawan IMM Allende, kegiatan pengabdian ini mampu membangun kesadaran pentingnya komunikasi dan koordinasi dalam organisasi sehingga melahirkan kekompakan dan ketangguhan menjadi relawan sosial.
Â
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Aristiana P Rahayu, (2017). Perilaku Anti Sosial Pada Anak jalanan Usia Dini Volume 3 Nomor 3c Desember 2017, http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1142
- Aristiana P Rahayu (2017). Analisa Kekerasan dalam Rumah Tangga pada
- Burns R.B. (1993). Konsep Diri: Teori, (PengukuranPerkembangan dan Perilaku. (Alih Bahasa: Eddy). Jakarta: Arcan.
- Pernikahan Usia Anak di Kawasan Marginal Surabayaâ€. http://journal.um surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1965
- Dr. Bagong Suyanto, 2016. Masalah Sosial Anak. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
- https://www.kemenkopmk.go.id/penanganan-anak-terlantar-butuh-komitmen (diunduh 27/05/2021) pukul 21.
- Syahrul, Amika Wardana (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Untuk anak Jalanan di Kota Yogyakarta https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/10388 (diunduh 9/8/2021)
- Sujarwo (2017) . Model Pembelajaran Tematik Bagi Anak Jalanan. https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/5781(diunduh 9 Agustus 2021)
- Supratiknya. (2012). Mengenal Perilaku Abnormal. Yogyakarta : KANISIUS.
- Undang-Undang 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak
- Walgito, B. (2003), Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: Penerbit ANDI
- Widaningsih, L. “ Relasi Gender dalam Keluarga: Internalisasi Nilai-Nilai Kesetaraan dalam Memperkuat Fungsi Keluargaâ€, dlm hlm. 1-7, (online) http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ARSITEKTUR/197110221998022-LILIS_WIDANINGSIH/Relasi_Gender-Lilis.pdf (diakses 15 Maret 2022)
- Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.
Referensi
Aristiana P Rahayu, (2017). Perilaku Anti Sosial Pada Anak jalanan Usia Dini Volume 3 Nomor 3c Desember 2017, http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1142
Aristiana P Rahayu (2017). Analisa Kekerasan dalam Rumah Tangga pada
Burns R.B. (1993). Konsep Diri: Teori, (PengukuranPerkembangan dan Perilaku. (Alih Bahasa: Eddy). Jakarta: Arcan.
Pernikahan Usia Anak di Kawasan Marginal Surabayaâ€. http://journal.um surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1965
Dr. Bagong Suyanto, 2016. Masalah Sosial Anak. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
https://www.kemenkopmk.go.id/penanganan-anak-terlantar-butuh-komitmen (diunduh 27/05/2021) pukul 21.
Syahrul, Amika Wardana (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Untuk anak Jalanan di Kota Yogyakarta https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/10388 (diunduh 9/8/2021)
Sujarwo (2017) . Model Pembelajaran Tematik Bagi Anak Jalanan. https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/5781(diunduh 9 Agustus 2021)
Supratiknya. (2012). Mengenal Perilaku Abnormal. Yogyakarta : KANISIUS.
Undang-Undang 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak
Walgito, B. (2003), Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: Penerbit ANDI
Widaningsih, L. “ Relasi Gender dalam Keluarga: Internalisasi Nilai-Nilai Kesetaraan dalam Memperkuat Fungsi Keluargaâ€, dlm hlm. 1-7, (online) http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ARSITEKTUR/197110221998022-LILIS_WIDANINGSIH/Relasi_Gender-Lilis.pdf (diakses 15 Maret 2022)
Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.