Isi Artikel Utama

Abstrak

 


Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk “Pelatihan Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA/SMK Berbasis Digital”. Pelatihan ini  dilatarbelakangi oleh  rendahnya prestasi siswa  dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebabnya, karena media pembelajaran yang masih konvensional, tidak menarik, dan tidak bervariasi. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan dan media pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan  metode  Participatory Action Research. Peserta pelatihan sebanyak 26 orang. Melalui partisipasi, aksi, dan replektif, peserta dapat memperoleh pengalaman mengembangkan bahan dan media pembelajaran digital. Berdasarkan hasil pelatihan, diperoleh data, seluruh peserta pelatihan 26 orang (100%) mampu membuat media flipbook anyplif. Peserta juga membuat media lainnya yakni 13 orang (50 %) membuat media Wordwall, sebanyak 5 orang (19,23 %) membuat media Prezi,  sebanyak  5 orang (19,23 %) membuat media  Powtoon, dan sebanyak 4 orang  (15,38 %) membuat media Gamma  AI. Hasil penilaian  produk bahan dan media digital yang meliputi: aspek desain, konten, teknis, dan  kegunaan, sebanyak 23 orang (88,46%) sudah baik, sedangkan 3 orang (11,54 %) masih kurang baik. Berdasarkan hasil pelatihan tersebut, dapat disimpulkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan berhasil dan  mampu meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia di SMA, di lingkungan YPDM Pasundan dalam mengembangkan bahan dan media digital.

Kata Kunci

Pelatihan Media Digital Pembelajaran Bahasa Indonesia

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurhayatin, T., Pertiwi Hidayati , R. P., Supian, Budiarti , A., Fitriani , R. S., Wardani , A. K., … Sofiyah , H. (2025). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital untuk SMA di Lingkungan YPDM Pasundan Bandung. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 296–308. https://doi.org/10.30651/aks.v9i3.27706

Referensi

  1. Ahmad Mustanir, Rifni Nikmat Syarifuddin, H. H. (2019). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif. Jurnal Moderat, 5(3), 227–239.
  2. Anjani, A. D., Aulia, D. L. N., Tabriz, N., Putri, D. T., & Susanti, A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Syntax Idea, 7(2), 261–269. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v7i2.12566
  3. Apriliani, S. P., & Elvira Hoesein Radia. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
  4. Dewi, A. C. (2024). Peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3), 165–170.
  5. Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(1), 5–8.
  6. Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Guruan, 3(2), 166–182.
  7. Kirani, N. S., Riyadi, S. A., Septiani, E., & Wahyudi, A. (2025). Mengoptimalkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Teknologi Dan Media INTERAKTIF. Al-Ibda: Jurnal Guruan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(01), 27–35.
  8. Lailiyah, N., Wijaya, I. P., Lusiana, M., & Rohmah, D. S. (2024). Inovasi Pembelajaran Digital: Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Guruan Dasar, 4(2), 114–123.
  9. Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Guruan Bahasa Indonesia), 2(1), 65–75.
  10. Mohamad Miftah. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR: Jurnal Guruan Dan Pembelajaran, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.900
  11. Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media pembelajaran digital. Tohar Media.
  12. Palyanti, M. (2023). Media pembelajaran asik dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 1014–1026.
  13. Pratiwi, L. V. (2010). Pengembangan sistem monitoring help desk pada pusat teknologi informasi dan komunikasi guruan (Pustekkom) Kementrian Guruan Nasional (Kemendiknas).
  14. Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173–177.
  15. Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Paradikma:Jurnal Guruan Matematika, 14(2), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.27147
  16. Yulihartati, S., & Veri, J. (2025). Adaptasi Guru terhadap Revolusi Teknologi Guruan : Analisis Systematic Literature Review ( SLR ) tentang Kompetensi Digital di Era 5 . 0. 25(c), 160–166.
  17. Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yayasan Putra Adi Dharma.

Artikel Serupa

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.