Isi Artikel Utama

Abstrak

Dimasa pandemi saat ini Indonesia masih menjadi Negara yang memiliki jumlah tinggi untuk orang-orang yang terkonfirmasi Covid-19. Semua kalangan termasuk masyarakat dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dengan patuh serta melaksanakan vaksinasi sebagai salah satu upaya pencegahan. Jumlah orang yang sudah vaksinasi di Indonesia terbilang masih cukup rendah, hal ini dikarenakan faktor kurangnya informasi yang valid mengenai vaksin Covid-19 ini banyak berita hoax yang masyarakat terima. Oleh karena ini dengan mengadakannya podcast mengenai vaksin Covid-19  bertujuan agar memberikan masyarakat informasi yang pasti yang bersumber dari jurnal penelitian atau jurnal ilmiah. Metode yang digunakan dalam program kerja ini menerapkan metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate) sasaran responden  90 orang dengan kategori yang berbeda. Nilai rata-rata pre-test dari ketiga kategori pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, diperoleh nilai materi podcast vaksin  Sinovac 63,33; 52; dan 61,33. Materi podcast vaksin  AstraZeneca 57,33; 55,33; dan 51,33.  Materi podcast vaksin  Pfizer 33,33; 42; dan 36,66. Serta diperoleh nilai  rata-rata post-test dari ketiga kategori pada materi podcast vaksin Sinovac 81,33; 90; dan 83,33. Materi podcast vaksin AstraZeneca 85,33; 87,33; dan 83,33. Materi podcast vaksin Pfizer 72; 70; dan 86,66. Data ini menunjukan adanya peningkatan nilai dari pengerjaan pre-test dan post test.

Kata Kunci

podcast vaksin covid-19

Rincian Artikel

Referensi

  1. Cin, S., Cin, S., Savitri, L., Utami, S., Ilmu, F., & Universitas, K. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Koneksi, 4(2), 235–242.
  2. Gandryani, F., & Hadi, F. (2021). PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI INDONESIA: HAK ATAU KEWAJIBAN WARGA NEGARA. Rechts Vinding, 10(1), 23–41.
  3. Kementerian Kesehatan RI. (2021a). Situasi Covid-19.
  4. Kementerian Kesehatan RI. (2021b). Vaksinasi COVID-19 Nasional.
  5. Norhayati, N., & Jayanti, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri (Studi Kasus: Penggunaan Podcast oleh Mahasiswa di Kota Palangkaraya). Jurnal Humaniora Teknologi, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.34128/jht.v6i1.73
  6. Randolph, H. E., & Barreiro, L. B. (2020). Herd Immunity: Understanding COVID-19. Immunity, 52(5), 737–741. https://doi.org/10.1016/j.immuni.2020.04.012
  7. Saksono, W. T., & Faiza, I. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Teknodik., 18.(3), 304–314.
  8. Sari, I. P., & Sriwidodo. (2020). Perkembangan Teknologi Terkini dalam Mempercepat Produksi Vaksin COVID-19. Majalah Farmasetika, 5(5), 204–217. https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v5i5.28082
  9. Sudarmoyo, S. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65–73.
  10. Suriani, A., Chandra, Sukma, E., & Habibi. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807.
  11. Ummah, A. H., Khairul Khatoni, M., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. Komunike, 12(2), 210–234. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2739
  12. Wijayanto, P. S., Setiawan, W., & Firmansyah, A. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media youtube ( podcast ) dengan metode pembelajaran pendidikan jarak jauh pada materi komputer dan jaringan dasar di smkn 3 bandung. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 50–62.