Isi Artikel Utama

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital anggota Kelompok Kerja Guru (KKG) Malabiri dalam mengembangkan media penilaian dan pembelajaran interaktif menggunakan Google Form dan Canva. Metode yang digunakan adalah pelatihan praktik langsung dalam workshop satu hari yang diikuti oleh 56 guru sekolah dasar di Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Kegiatan dilakukan dalam tiga tahap: persiapan (analisis kebutuhan dan pengembangan modul), pelaksanaan (pelatihan Google Form dan Canva), serta evaluasi (pre-test dan post-test). Hasil program menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan pada peserta, dengan rata-rata skor meningkat dari 42,1 menjadi 80,9. Secara khusus, pemahaman Google Form meningkat sebesar 36,8% dan Canva sebesar 40,8%. Setiap peserta berhasil mengembangkan setidaknya satu instrumen penilaian digital dan satu media pembelajaran interaktif yang siap digunakan. Program ini membuktikan bahwa pendekatan pelatihan praktik langsung efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru sekolah dasar.


Kelompok Kerja Guru (KKG) Malabiri di Kecamatan Minasatene menghadapi tantangan adaptasi pembelajaran digital, dimana 78% guru masih menggunakan metode evaluasi konvensional berbasis kertas, 85% belum pernah menggunakan platform desain digital untuk media pembelajaran, dan 67% membutuhkan bimbingan teknis dalam mengintegrasikan tools digital. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital anggota KKG Malabiri dalam mengembangkan media penilaian dan pembelajaran interaktif menggunakan Google Form dan Canva. Metode yang digunakan adalah pelatihan praktik langsung dalam workshop satu hari yang diikuti oleh 56 guru sekolah dasar. Kegiatan dilakukan dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi menggunakan uji t-test berpasangan untuk membandingkan pre-post test. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan (p<0,001), dengan rata-rata skor meningkat dari 42,1 menjadi 80,9. Pemahaman Google Form meningkat 36,8% dan Canva 40,8%. Setiap peserta berhasil mengembangkan instrumen penilaian digital dan media pembelajaran interaktif. Program ini membuktikan pelatihan praktik langsung efektif meningkatkan kompetensi digital guru sekolah dasar.

Kata Kunci

pelatihan canva penilaian digital guru sekolah dasar google form media pembelajaran

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurdiansah, Ahyuna, Andrew Ridow Johanis M, Arham Arifin, Arwansyah, Faizal, … Arifin, S. R. (2025). Penerapan Tools Digital sebagai Media Penguatan Pembelajaran Kolaboratif di Kelompok Kerja Guru (KKG) Malabiri. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 191–202. https://doi.org/10.30651/aks.v9i3.26408

Referensi

  1. Alpin, A., Rahman, K. N., & Rachman, I. F. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI INDIKATOR PENCAPAIAN SDGS 2030. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), Article 3. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.1253
  2. Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
  3. Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory (pp. xiii, 617). Prentice-Hall, Inc.
  4. Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008
  5. Hayati, R., Muamar, M. R., Wahyuni, R., Miswar, M., & Marzuki, M. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9574–9578. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35543
  6. Kons, A. W., M. Pd. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka GuruSiswa, Merdeka DosenMahasiswa, Semua Bahagia. Elex Media Komputindo.
  7. Marlina, B. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM UNTUK PENILAIAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8284
  8. Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., Mardiawati, M., Kmurawak, R. M., Supriatna, A., Dharmayanti, P. A., Mesalina.T, J., & Judijanto, L. (2024). Teknologi Media Pembelajaran: Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era Digital. PT. Green Pustaka Indonesia.
  9. Parlina, N., Sujanto, B., & Suryadi. (2023). Teacher Digital Competencies (TDC): Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Guru melalui Kepemimpinan Transformasional, Pelatihan dan Komunitas Praktik Virtual. Nas Media Pustaka.
  10. Suartama, I. K. (2010). PENGEMBANGAN MUTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130
  11. Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2), 257–285. https://doi.org/10.1207/s15516709cog1202_4
  12. Trianingrum, N. D., Khusnan, A., & Barudin. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Canva Pada Mata Pelajaran Qurdis di SD Al-Furqon 2 Wedoroanom Driyorejo Gresik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 3(2), Article 2.
  13. Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4
  14. Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Artikel Serupa

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.