Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK


Salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia adalah kontribusi dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Keberadaan UMKM diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya penanggulangan permasalahan ekonomi khususnya di era revolusi industri 4.0 dan era setelah pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya pada aspek perdagangan. Pandemi covid yang terjadi telah mengubah perilaku konsumen dalam hal pembelian secara online. Salah satu sistem perdagangan yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi saat ini dikenal dengan istilah digital marketing. E-Commerce merupakan platform transaksi bisnis melalui jaringan elektronik berupa internet. Pengenalan dunia teknologi khususnya bidang digital marketingdilakukan pada pelaku UMKM di Perumahan Tegal Besar Permai II Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan mulai bulan Juni 2022 sampai bulan November 2022. Tahapan kegiatan dalam pengabdian ini dimulai dari tahap persiapan, pelatihan pemanfaatan platform Shopee, pendampingan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Adapun luaran dari pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan, serta meningkatnya kemampuan manajemen dari UMKM di Perumahan Tegal Besar Permai II.

Kata Kunci

pemasaran digital E-Commerce UMKM

Rincian Artikel

Referensi

  1. Avriyanti, S. (2019). Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Di Era Industri 4.0 (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 4(1), 82–99.
  2. Berry, T. (2008). Pre-assessment tests. American Journal of Business Education,: DePaul University, Https://Files. Eric. Ed. Gov/Fulltext/EJ1052549. Pdf.
  3. Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2021). No Title. Data UMK Tahun 2018.
  4. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.
  5. Maulana, A. (2021). Peran E-Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini. Jornal of Education and Technology, 1(1), 1–7.
  6. Nabilah, A. P., Fitri, K. N., Primastuti, R. K., Khoirunnisaa, R. T., Anju, A., & Ernawati, E. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa. Populika, 9(2), 13–22. https://doi.org/10.37631/populika.v9i2.388
  7. Ong, D. (2010). Analisa Penggunaan Sistem E-Commerce Terhadap Dampak Belanja Pada Masyarakat Kota Besar. Respati, 15(1), 21–29.
  8. Periamsyah, P., Subhan, S., & Syahab, A. (2018). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia. Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1), 565–569.
  9. Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
  10. Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181
  11. Utami, B. S. A. (2021). Dampak pandemi covid 19 terhadap sektor UMKM di Indonesia. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 1–7.
  12. Vermaat, S. C. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental. Jakarta: Salemba Infotek.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.