Isi Artikel Utama
Abstrak
Gerakan Literasi Sekolah merupakan bentuk usaha peningkatan minat baca anak di lingkup sekolah. Gerakan ini didasari karena rendahnya minat baca yang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti sumber daya manusia yang minim, fasilitas yang terbatas dan rusak akibat dampak bencana alam, tidak adanya pihak pengelola yang kompeten hingga ketidaksesuaian bahan bacaan anak yang tersedia. Hal tersebut mendorong Tim KKN IAIN Palangka Raya untuk melakukan Gerakan Literasi Sekolah yang bermaksud dalam memacu minat baca dengan melakukan revitalisasi terhadap perpustakaan sebagai tahap awal pelaksanaannya. Metode pelaksanaannya ialah menggunakan teknik pengumpulan data dengan dilakukan wawancara terhadap beberapa pihak seperti kepala sekolah, tenaga pendidik hingga peserta didik. Selain itu, tim KKN IAIN Palangkara Raya juga melakukan observasi hingga dokumentasi secara langsung. Setelah dilaksanakannya revitalisasi perpustakaan, maka dihasilkan fasilitas penunjang pembelajaran bagi siswa yang lebih baik, guna menunjang terlaksananya Gerakan Literasi Sekolah dengan fokus kepada program Gerakan Membaca 15 Menit Sebelum Mata Pelajaran Dimulai.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Agustina, Lina, Arief Arffianto, Salsabila Hasna K, Lusi Indarwati, Dwindi Roseana Putri, Sheila Erdi El-Majid, Kartina Setia Rahayu, Dicki Yustika Nurleli, Wahyu Agung S.G, and Imroatus Sholihah. 2019. “Revitalisasi Perpustakaan Untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa Di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten.” Buletin KKN Pendidikan Vol. 1 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771.
- Atfal, Ngatifatul. 2012. “Manajemen Perpustakaan Di MAN Purbalingga Kec. Purbalingga Wetan Kab. Purbalingga.” STAIN Purwoketo. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/564%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/564/1/Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf.
- Cahya Rohim, Dhina, and Septina Rahmawati. 2020. “Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian Vol. 6 (3).
- Ibrahim, Bafadal. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Indriyani, Vivi. 2019. “Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya Vol. 5 (1).
- Khasanah, Rofiqul. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Siswa Kelas IV BSD Negeri Ngoto Sewon Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.” Journal of Chemical Information and Modeling Vol. 53 (9).
- Rahmat, Abdul. 2014. Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, Dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing. https://id.id1lib.org/book/18179945/48cd87.
- Rohyani Zulaikha, Sri, Siti Partini Suardiman, and Sodiq A. Kuntoro. 2015. “Pengembangan Model Perpustakaan Madrasah Dalam Penerapan Literasi Informasi Untuk Mempersiapkan Belajar Sepanjang Hayat.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi Vol. 3 (2).
- Ruslan, and Sri Hayu Wibayanti. 2019. “Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Universitas PGRI Palembang. www.perpusnas.go.id.
- Shofaussamawati. 2014. “Menumbuhkan Minat Baca Dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak Sejak Dini.” LIBRARIA Vol. 2 (1).
- Utama Faizah, Dewi, Susanti Sufyadi, Lanny Anggraini, Waluyo, Sofie Dewayani, Wien Muldian, Dwi Renya Roosaria, and Rahmad Syah Putra. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Referensi
Agustina, Lina, Arief Arffianto, Salsabila Hasna K, Lusi Indarwati, Dwindi Roseana Putri, Sheila Erdi El-Majid, Kartina Setia Rahayu, Dicki Yustika Nurleli, Wahyu Agung S.G, and Imroatus Sholihah. 2019. “Revitalisasi Perpustakaan Untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa Di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten.” Buletin KKN Pendidikan Vol. 1 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771.
Atfal, Ngatifatul. 2012. “Manajemen Perpustakaan Di MAN Purbalingga Kec. Purbalingga Wetan Kab. Purbalingga.” STAIN Purwoketo. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/564%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/564/1/Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf.
Cahya Rohim, Dhina, and Septina Rahmawati. 2020. “Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian Vol. 6 (3).
Ibrahim, Bafadal. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriyani, Vivi. 2019. “Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya Vol. 5 (1).
Khasanah, Rofiqul. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Siswa Kelas IV BSD Negeri Ngoto Sewon Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.” Journal of Chemical Information and Modeling Vol. 53 (9).
Rahmat, Abdul. 2014. Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, Dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing. https://id.id1lib.org/book/18179945/48cd87.
Rohyani Zulaikha, Sri, Siti Partini Suardiman, and Sodiq A. Kuntoro. 2015. “Pengembangan Model Perpustakaan Madrasah Dalam Penerapan Literasi Informasi Untuk Mempersiapkan Belajar Sepanjang Hayat.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi Vol. 3 (2).
Ruslan, and Sri Hayu Wibayanti. 2019. “Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Universitas PGRI Palembang. www.perpusnas.go.id.
Shofaussamawati. 2014. “Menumbuhkan Minat Baca Dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak Sejak Dini.” LIBRARIA Vol. 2 (1).
Utama Faizah, Dewi, Susanti Sufyadi, Lanny Anggraini, Waluyo, Sofie Dewayani, Wien Muldian, Dwi Renya Roosaria, and Rahmad Syah Putra. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.