Isi Artikel Utama
Abstrak
Program Pengembangan Usaha Produk Intektual Kampus (PPUPIK) Pusat Produksi Benih Tanaman Bersertifikat Universitas Muhammadiyah Makassar pada masa pandemi Covid 19 tetap melakukan aktivitas, namun aktivitas dilakukan di rumah karena adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar.  Kegiatan promosi dan pemasaran produk PPUPIK menggunakan media cetak dan media elektronik. Jenis media cetak yang digunakan yaitu : xbanner, brosur, buku, dan koran. Media elektronik yaitu : video dan internet. Xbanner dipajang di ruang depan kantor PPUPIK dan dipajang pada stand pameran saat mengikuti pameran. Brosur dibagikan pada pengunjung selama kegiatan pameran. Buku disimpan diperpustakaan kampus dan dipajang saat pameran. Publikasi kegiatan pada koran Tribun Timur. Media elektronik berupa video telah diunggah ke YouTube dengan judul cara memproduksi benih jagung hibrida. Penjualan secara langsung selama pandemi tidak dilakukan, penjualan hanya melalui internet. Pengiriman produk menggunakan jasa angkutan on line untuk wilayah Makassar dan sekitarnya sedangkan untuk jarak jauh menggunakan jasa pengiriman barang seperti kantor pos. Metode Pembayaran dilakukan melalui transfer setelah barang diterima konsumen.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Amalia, N., Sukarelawati, & Kusumadinata, A. (2017). Promosi Personal Selling Surat Kabar Bogor Today dalam Menarik Minat Pemasang Iklan. Komunikation, 3(1), 9–20.
- Fatimah, M., & Musfiroh, M. (2017). Perbedaan Media Promosi Kesehatan Booklet dan Video terhadap Keterampilan Deteksi Dini Kanker Payudara pada Wanita Usia Subur. Jurnal Placentum, 5(2), 37–45. Retrieved from https://jurnalplacentum.fk.uns.ac.id/index.php/placentum/article/view/78/41
- Garside, S. K. D. dan A. K. (2014). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurusan Teknik Industri, 15(2), 170–181.
- Jamaludin, A. (2015). Pengaruh Promosi On line dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1), 85820.
- Majdah Zawawi1 and Noriah Ramli. (2016). Pengaruh Kemampuan E-commerce dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,†Vol.2 No.(May), 31–48.
- Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.
- Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
- Sahara, S. F. (2013). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tertinggi Kabupaten Siak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Silvana, H., & Damayanty, D. (2014). Penggunaan X Banner Dalam Promosi Layanan Perpustakaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 105–117. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n2.1
- Suprapto, H. A. (2016). Pengaruh Penetapan Harga Dan E-Commerce Terhadap Tingkatpenjualan Pada Usaha Jack Donut Di Curug Tanah Baru Depok. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 2(4), 345–354. https://doi.org/10.30998/JABE.V2I4.1527
- Yahya, A. O. (2015). Efektivitas Website Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor.
Referensi
Amalia, N., Sukarelawati, & Kusumadinata, A. (2017). Promosi Personal Selling Surat Kabar Bogor Today dalam Menarik Minat Pemasang Iklan. Komunikation, 3(1), 9–20.
Fatimah, M., & Musfiroh, M. (2017). Perbedaan Media Promosi Kesehatan Booklet dan Video terhadap Keterampilan Deteksi Dini Kanker Payudara pada Wanita Usia Subur. Jurnal Placentum, 5(2), 37–45. Retrieved from https://jurnalplacentum.fk.uns.ac.id/index.php/placentum/article/view/78/41
Garside, S. K. D. dan A. K. (2014). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurusan Teknik Industri, 15(2), 170–181.
Jamaludin, A. (2015). Pengaruh Promosi On line dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1), 85820.
Majdah Zawawi1 and Noriah Ramli. (2016). Pengaruh Kemampuan E-commerce dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,†Vol.2 No.(May), 31–48.
Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
Sahara, S. F. (2013). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tertinggi Kabupaten Siak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Silvana, H., & Damayanty, D. (2014). Penggunaan X Banner Dalam Promosi Layanan Perpustakaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 105–117. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n2.1
Suprapto, H. A. (2016). Pengaruh Penetapan Harga Dan E-Commerce Terhadap Tingkatpenjualan Pada Usaha Jack Donut Di Curug Tanah Baru Depok. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 2(4), 345–354. https://doi.org/10.30998/JABE.V2I4.1527
Yahya, A. O. (2015). Efektivitas Website Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor.