Isi Artikel Utama
Abstrak
Penerapan pendidikan yang terjadi sekarang ini adalah pendidikan dengan mengedepankan teknologi dan diferensiasi. Dua pokok pemikiran ini yang menjadikan pendidikan berubah seiring waktu. Pendidikan merdeka belajar menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam menerapkan konsep baru dalam belajar peserta didik. Pendidikan tersistem ke dalam kebebasan peserta didik untuk belajar dan memaknai pembelajaran dengan tidak berbatas ruang dan waktu. Konsep kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum pendidikan di Indonesia yang harus diimplementasikan seluruh sekolah. Tujuan pelatihan kurikulum merdeka ini adalah sebagai tambahan informasi kepada para guru dalam melihat kurikulum merdeka secara mendalam. Pelatihan ini menggunakan metode presentasi, peer-teaching, class observation, dan evaluasi kinerja. Pelatihan ini menerapkan tiga Langkah, yaitu platform e-learning, innovation workshop, dan school-industry engagement. Hasil pelatihan ini mengindikasikan bahwa persepsi dan partisipasi publik masyarakat dapat dilihat dari tiga langkah di atas, yaitu bagaimana masyarakat dapat melihat penerapan kurikulum merdeka di sekolah. Berdasarkan tingkat persepsi dan partisipasi publik masyarakat terhadap penerapan kurikulum merdeka berada pada level sedang atau mereka cukup menerima secara positif perubahan paradigma pendidikan ini.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Adrianus Sihombing, A., Anugrahsari, S., Parlina, N., & Kusumastuti, Y. S. (2021). Merdeka Belajar in an Online Learning during The Covid-19 Outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207
- Bialo, E., & Sivin-Kachala, J. (2018). The effectiveness of technology in schools: a summary of recent research. Journal of Advanced Research Design, 25(1), 51–57.
- Handayani, E., Yanuarto, W. N., & Wahyuni, S. (2022). Perception and Public Participation: The Level of Implementing Independent Learning Program in Indonesia. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 11(1), 141–156. https://doi.org/10.6007/ijarems/v11-i1/12324
- Kelvin, J. (2020). Digital technologies in the classroom. Journal for Research in Math Education, 3(2), 11–23.
- Maksum, K. (2021). Democratic Education in “Merdeka Belajar” Era. Progres Pendidikan, 2(2), 107–114. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.144
- Prakoso, B. H., Ramdani, Z., & Rahmah, B. (2021). Teacher’s Perception on Merdeka Belajar Policy. Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(2), 44–58. https://doi.org/10.26499/ijea.v3i2.84
- Purwanti, E. (2021). Preparing the Implementation of Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Policy in Higher Education Institutions. Journal of Advanced Research Design, 518(ICoSIHESS 2020), 384–391. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.149
- Romla, S. (2021). Implementation of Merdeka Belajar at Kampus Merdeka " Rights to Learn Three Semesters Outside the Study Program. Proceedings of the International Consortium of Education and Culture Research Studies, 10(3), 11–24.
- Solichin, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Religi: Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178. https://doi.org/1978-306X
- Syarif, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Online Fenomena, 4(1), 79–87.
- Wahid, A. (2016). Konsep Pendidikan Multikultural Dan Aplikasinya. Jurnal Istiqra’, 3, 287–294.
- Wahyuni, S., Handayani, E., & Yanuarto, W. N. (2022). The Perception and Public Participation: The Government Implementation of Independent Learning Program in Indonesia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(2), 438–449. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i2/12323
- Za, T. (2017). Sistem pendidikan di indonesia-antara solusi dan ilusi. Education Zone, 1(February), 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21465.62569
Referensi
Adrianus Sihombing, A., Anugrahsari, S., Parlina, N., & Kusumastuti, Y. S. (2021). Merdeka Belajar in an Online Learning during The Covid-19 Outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207
Bialo, E., & Sivin-Kachala, J. (2018). The effectiveness of technology in schools: a summary of recent research. Journal of Advanced Research Design, 25(1), 51–57.
Handayani, E., Yanuarto, W. N., & Wahyuni, S. (2022). Perception and Public Participation: The Level of Implementing Independent Learning Program in Indonesia. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 11(1), 141–156. https://doi.org/10.6007/ijarems/v11-i1/12324
Kelvin, J. (2020). Digital technologies in the classroom. Journal for Research in Math Education, 3(2), 11–23.
Maksum, K. (2021). Democratic Education in “Merdeka Belajar” Era. Progres Pendidikan, 2(2), 107–114. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.144
Prakoso, B. H., Ramdani, Z., & Rahmah, B. (2021). Teacher’s Perception on Merdeka Belajar Policy. Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(2), 44–58. https://doi.org/10.26499/ijea.v3i2.84
Purwanti, E. (2021). Preparing the Implementation of Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Policy in Higher Education Institutions. Journal of Advanced Research Design, 518(ICoSIHESS 2020), 384–391. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.149
Romla, S. (2021). Implementation of Merdeka Belajar at Kampus Merdeka " Rights to Learn Three Semesters Outside the Study Program. Proceedings of the International Consortium of Education and Culture Research Studies, 10(3), 11–24.
Solichin, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Religi: Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178. https://doi.org/1978-306X
Syarif, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Online Fenomena, 4(1), 79–87.
Wahid, A. (2016). Konsep Pendidikan Multikultural Dan Aplikasinya. Jurnal Istiqra’, 3, 287–294.
Wahyuni, S., Handayani, E., & Yanuarto, W. N. (2022). The Perception and Public Participation: The Government Implementation of Independent Learning Program in Indonesia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(2), 438–449. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i2/12323
Za, T. (2017). Sistem pendidikan di indonesia-antara solusi dan ilusi. Education Zone, 1(February), 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21465.62569