Isi Artikel Utama
Abstrak
Persoalan persaingan antara pasar rakyat dan pasar modern di Indonesia semakin hangat seiring dengan perkembangan jaman. Sebagai salah satu sumber pendapatan utama masyarakat, terutama di wilayah sub-urban seperti Kabupaten Bandung, pasar rakyat memegang peran penting dalam ekonomi kerakyatan. Namun, untuk dapat memenangkan persaingan dengan pasar modern yang menargetkan pangsa pasar yang sama, diperlukan pendekatan yang lebih holistik dan komprehensif dari sekedar merenovasi bangunan pasar. Program pengabdian masyakarat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pengelola dan pedagang pasar di bidang manajemen strategik. Materi penyuluhan yang diberikan adalah manajemen pasar rakyat memberikan penyuluhan bagaimana mengelola pasar rakyat di Indonesia bagi key players atau pengeola pasar rakyat. Sedangkan, terkait strategi bersaing masyarakat sasaran diberikan panduan trik-trik bersaing dengan minimarket atau retail modern Metode yang digunakan adalah ceramah, praktek, diskusi serta tanya jawab dengan peserta pelatihan. Peserta pelatihan sejumlah 45 orang yang terdiri dari 30 orang dari pihak pengelola dan 15 orang pedagang pasar. Sebanyak 84% dari peserta pelatihan merasa bahwa pelatihan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan peserta untuk mengetahui bagaimana cara mengelola pasar tradisional yang mampu bersaing dengan pasar atau ritel modern.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Ariyanti, M., Tricahyono, D., Rismayani, R., Lubis, R. L., & Sugiat, M. A. (2020). Strategi Usaha Kecil Menengah Dalam Kondisi Covid-19. Tel-U Press.
- Ekomadyo, A. S. (2019). Evaluating Revitalized Public Markets as Economic and Socio-cultural Places in Indonesia. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 27(2), 963–976.
- Ferliana, V. (2018). Analisis Pengaruh Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Tugu Bandar Lampung) [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.
- Hubbard, G., & Beamish, P. (2011). Strategic management: Thinking, analysis, action. Pearson Australia.
- Kussudyarsana, K., Widiatmoko, E., & Utami, A. S. (2019). Analisis Daya Saing Pasar Tradisional terhadap Pasar Modern di Sukoharjo. Proceeding of The URECOL, 213–223.
- Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket terhadap perkembangan kedai tradisional di kota binjai. Jumant, 7(1), 29–36.
- Mawai, D. I. (2021). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Pada Pasar Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.
- Mulyati, Y., & Surtiani, A. (2020). Imlementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sarijadi Oleh Pd. Pasar Bermartabat Kota Bandung. NEO POLITEA, 1(1), 14–31.
- Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2011). Strategic management: Formulation, implementation, and control. McGraw-Hill Irwin.
- Pramudiana, Y., Rismayani, R., & Astradika, T. (2016). Managing Product Portfolio. Dinamika Komunika.
- Sudrajat, A. R., Sumaryana, A., Buchari, R. A., & Tahjan, T. (2018). Perumusan Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional di Kabupaten Sumedang. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 6(1), 53–67.
- Thompson, A. A. (2015). Crafting and executing strategy: The quest for competitive advantage: concepts and readings (Twentieth edition). McGraw-Hill Education.
- Timoer, F. C., & Trenggana, A. F. M. (2019). Analisis Perbandingan Karakteristik Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Ditinjau Dari Strategi Bauran Pemasaran Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 86–100.
- Wahyudi, R. (2019). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(1), 37–52.
- Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2010). Concepts in strategic management and business policy: Achieving sustainability. Pearson, Prentice Hall.
- Yusmalina, Y., Tegor, T., Haqiqi, F., Rosady, R. E., & Azura, N. (2021). Comparative Analysis of Staretegi Traditional Market and Modern Markets of Consumer Valuation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(11), 18–25.
Referensi
Ariyanti, M., Tricahyono, D., Rismayani, R., Lubis, R. L., & Sugiat, M. A. (2020). Strategi Usaha Kecil Menengah Dalam Kondisi Covid-19. Tel-U Press.
Ekomadyo, A. S. (2019). Evaluating Revitalized Public Markets as Economic and Socio-cultural Places in Indonesia. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 27(2), 963–976.
Ferliana, V. (2018). Analisis Pengaruh Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Tugu Bandar Lampung) [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.
Hubbard, G., & Beamish, P. (2011). Strategic management: Thinking, analysis, action. Pearson Australia.
Kussudyarsana, K., Widiatmoko, E., & Utami, A. S. (2019). Analisis Daya Saing Pasar Tradisional terhadap Pasar Modern di Sukoharjo. Proceeding of The URECOL, 213–223.
Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket terhadap perkembangan kedai tradisional di kota binjai. Jumant, 7(1), 29–36.
Mawai, D. I. (2021). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Pada Pasar Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.
Mulyati, Y., & Surtiani, A. (2020). Imlementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sarijadi Oleh Pd. Pasar Bermartabat Kota Bandung. NEO POLITEA, 1(1), 14–31.
Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2011). Strategic management: Formulation, implementation, and control. McGraw-Hill Irwin.
Pramudiana, Y., Rismayani, R., & Astradika, T. (2016). Managing Product Portfolio. Dinamika Komunika.
Sudrajat, A. R., Sumaryana, A., Buchari, R. A., & Tahjan, T. (2018). Perumusan Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional di Kabupaten Sumedang. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 6(1), 53–67.
Thompson, A. A. (2015). Crafting and executing strategy: The quest for competitive advantage: concepts and readings (Twentieth edition). McGraw-Hill Education.
Timoer, F. C., & Trenggana, A. F. M. (2019). Analisis Perbandingan Karakteristik Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Ditinjau Dari Strategi Bauran Pemasaran Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 86–100.
Wahyudi, R. (2019). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(1), 37–52.
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2010). Concepts in strategic management and business policy: Achieving sustainability. Pearson, Prentice Hall.
Yusmalina, Y., Tegor, T., Haqiqi, F., Rosady, R. E., & Azura, N. (2021). Comparative Analysis of Staretegi Traditional Market and Modern Markets of Consumer Valuation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(11), 18–25.