Optimalisasi Pembelajaran Matematika Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Ekonomi UNIPA Surabaya Angkatan 2016

Ninik Mutianingsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mengoptimalkan pembelajaran matematika ekonomi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa ekonomi UNIPA Surabaya angkatan 2016 kelas E sebanyak 40 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Data yang diperoleh berupa hasil tes mahasiswa pada setiap siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II, yaitu nilai rata-rata tes mahasiswa dari 67,5 menjadi 76,13 dan ketuntasan hasil belajar mahasiswa secara klasikal tercapai. Hal ini karena ada 37 dari 40 mahasiswa sudah tuntas belajar dengan prosentase mencapai 92,5 %.

Keywords

optimalisasi pembelajaran, pembelajaran kooperatif tipe stad, prestasi belajar

References

Alwi, Hasan. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Endah Bekti Wahyudi, (2011), Penerapan Model Pembelajarankooperatif Tipe Student Teams–Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Kuadrat Pada Peserta Didik Kelas X Teknik Komputer Jaringan (Tkj) Di Smk 45 wonosari, Yogyakarta: Skripsi Pendidikan Sains Universitas Negeri Yogyakarta.

Degeng. (2001). Teori Belajar da Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.

Djamarah, Syaiful bahri. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gusniar. (2014). Penerapn Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dala Meingkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogomas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No.1 ISSN 2354-614x. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Hasan, Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, Muslimin, dkk. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurhayati, Nely.(2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kebaturan Bawang Batang. Semarang: Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang.

Rahayu Sangar, Intan Sari R, (2014), Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD unutk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Ngrogung Ngebel Tahun Pelajaran 2013/2014. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Prakik). Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Suwandi, Sarwiji. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisn Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Presindo.

Syah Muhibin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.