Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku

Hermansyah Hermansyah (1), Irianto Aras (2), Fitria Harun (3)
(1) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia,
(3) SMP Negeri 1 Duripoku, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan number sense siswa di kelas VII A SMP Negeri 1 Duripoku. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan one group pre test-post design. Untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan number sense sebelum dan sesudah diterapkan metode tutor sebaya, maka dilakukan uji paired sample t-test, sementara untuk melihat efektivitasnya dilakukan analisis gain ternomalisasi (N-Gain). Dari hasil analisis data pada taraf signifikansi 5%, ditemui nilai t = 7.721 dengan signifikansi 0,00 (< 0.05) yang berarti terdapat perbedaan nilai  rata-rata kemampuan number sense pada pre test dan post test, untuk hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa efektivitas metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan number sense berada pada kategori rendah.

Full text article

Generated from XML file

References

Acoi, P. (2011). Deskripsi number sense siswa kelas VII SMP santo fransiskus asisi Pontianak. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Arjanggi, S., & Suprihatin, T. (2011). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasar regulasi-diri. Hubs-Asia , 10 (1), 91-97.

Ary, D., Jacobs, L. C., & Razavieh, A. (1982). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D. USA: Measurement and Reasearch Methodology.

McIntosh, A., Reys, B., Reys, R., Bana, J., & Farrel, B. (1997). Number sense in school mathematics: student performance in four countries. Perth: Mathematics, Science & Technology Education Centre, Edith Cowan University.

Nurmala, N., Sukayasa, S., & Paloloang, B. (2016). Penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 20 Toli-Toli pada operasi hitung campuran bilangan bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 199-211.

Sabrianti, R. (2012). Potensi number sense siswa pada materi penjumlahan pecahan biasa di madrasah tsanawiyah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Safitri, A. S., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2017). Kemampuan number sense siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII pada materi bilangan. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol.1, No.1, pp. 270-277).

Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika , 2 (1), 23-31.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia (konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan). Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Tsuei, M. (2014). Mathematics synchronous peer tutoring system for students with learning disabilities. Journal of Educational Technology & Society, 17(1), 115-127.

Wardiyyah, N. (2009). Penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU Banat Kudus pada materi pokok operasi bilangan pecahan semester I tahun ajaran 2009/2010. Semarang: IAIN Walisongo.

Widodo, A., & Noviartati, K. (2018). Profil number sense siswa SMP terhadap pecahan campuran ditinjau dari kepribadian introvert. Jurnal Pi, Pend. Mat. STKIPH , 1 (2), 44-51.

Authors

Hermansyah Hermansyah
h3rmansyah18@gmail.com (Primary Contact)
Irianto Aras
Fitria Harun
Hermansyah, H., Aras, I., & Harun, F. (2020). Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 95–105. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3614

Article Details