Penggunaan Logika Fuzzy untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pengadilan Agama Kab. Kediri

Niska Shofia (1), Siti Rochana (2)
(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia,
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang hukum, Mahkamah Agung RI memerintahkan seluruh Lembaga Peradilan untuk menyediakan fasilitas meja informasi (information desk), termasuk di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Keberhasilan instansi dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dapat ditentukan dengan pendekatan service quality. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan data dari masyarakat yang datang dan mencari informasi di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri.  Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan yang diberikan oleh petugas meja informasi Pengadilan Agama Kabupaten Kediri untuk mencapai kepuasan masyarakat. Analisa yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan metode fuzzy servqual (Service Quality) yang dibantu menggunakan aplikasi MATLAB.

Full text article

Generated from XML file

References

Parasuraman, A, Valarie A. Zeithaml and Leonard L. Berry Journal of Marketing Vol. 49, No. 4, pp. 41-50 , A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Autumn, 1985.

Badan Peradilan Agama (2011). Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor:0017/DjA/SK/VII/2011 Tentang Pedoman Pelayanan Meja Informasi Di Lingkungan Peradilan Agama. Diakses tanggal 24 Januari 2017. Diakses dari http://badilag.net/suratkeputusan

Harto, Budi. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peninkatan Kualitas Pelayanan.Jurnal TEKNOIF Vol.3 No.1, April 2015.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajenen Pemasaran Jilid Dua. Indeks: Jakarta.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran jasa. Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. 2015. Laporan Tahunan Pengadilan Agama Kab. Kediri Tahun 2015. Kediri: Author.

Puti, Widya Chitami. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam. Tugas Akhir: Universitas Widyatama Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayu Media Publishing.

Authors

Niska Shofia
niskashofia@unpkediri.ac.id (Primary Contact)
Siti Rochana
Shofia, N., & Rochana, S. (2018). Penggunaan Logika Fuzzy untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pengadilan Agama Kab. Kediri. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1651

Article Details