Pengembangan Desain Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD untuk Tipe Kecerdasan Interpersonal, Naturalis, dan Logika

Tria Mardiana (1), Septiyati Purwandari (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Matematika SD berbasis Multiple Intelligence, serta untuk mengetahui kelayakan desain pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Matematika SD berbasis Multiple Intelligence. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain pengembangan pada penelitin ini mengacu pada teori Thiagarajan dengan menerapkan langkah 4D, yaitu, define, design, development, dan dissemination. Tahap define merupakan tahap yang berisi penetapan produk apa yang akan dikembangkan, beserta spesifikasinya.Tahap design merupakan pembuatan rancangan produk berdasarkan ketetapan di tahap define. Tahap developmentberisi pembuatan rancangan menjadi produk dan menguji validitas produk. Tahap disseminationberupa penyampaian hasil produk yang telah teruji untuk dimanfaatkan oleh pihak lain yang memiliki kepentingan serupa. Hasil dari penelitian ini berupa desain pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Matematika SD berbasis Multiple Intelligence. Kelayakan produk desain pembelajaran diuji oleh 2 orang ahli yang telah menerapkan pembelajaran Multiple Intelligence. Kelayakan produk dari ahli diperoleh dengan hasil amat baik.

Full text article

Generated from XML file

References

Amir, A. (2013). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Logaritma, I(1), 1–14.

Ariani, A. (2014). Hubungan Kecocokan Antara Tipe Kepribadian dan Model Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa PGSD Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–7.

Chatib, M. (2015). Sekolahnya Manusia (I). Bandung: Kaifa Learning.

Chatib, M., & Said, A. (2014). Sekolah Anak-Anak Juara (III). Bandung: Kaifa Learning.

Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–308.

Ishaq. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer. JPF, I(1), 73–85.

Maharani, R. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Teori Multiple Intelligences: Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 11–24.

Said, A., & Budimanjaya, A. (2016). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences (IV). Jakarta: Kencana.

Wahyudi, D., & Alafiah, T. (2016). Studi Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 255–282. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v8i2.

Authors

Tria Mardiana
triamardiana@ummgl.ac.id (Primary Contact)
Septiyati Purwandari
Mardiana, T., & Purwandari, S. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD untuk Tipe Kecerdasan Interpersonal, Naturalis, dan Logika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 126–142. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.1646

Article Details