Penggunaan Logika Fuzzy untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pengadilan Agama Kab. Kediri

Niska Shofia (1), Siti Rochana (2)
(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia,
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang hukum, Mahkamah Agung RI memerintahkan seluruh Lembaga Peradilan untuk menyediakan fasilitas meja informasi (information desk), termasuk di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Keberhasilan instansi dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dapat ditentukan dengan pendekatan service quality. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan data dari masyarakat yang datang dan mencari informasi di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri.  Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan yang diberikan oleh petugas meja informasi Pengadilan Agama Kabupaten Kediri untuk mencapai kepuasan masyarakat. Analisa yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan metode fuzzy servqual (Service Quality) yang dibantu menggunakan aplikasi MATLAB.

References

Read More

Authors

Niska Shofia
niskashofia@unpkediri.ac.id (Primary Contact)
Siti Rochana
Shofia, N., & Rochana, S. (2018). Penggunaan Logika Fuzzy untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pengadilan Agama Kab. Kediri. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1651

Article Details

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.