GCG Dan CSR Dalam Mempengaruhi Earning Management (Bukti Pada Perusahaan Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2019)

Penulis

  • Febriani Nur Azizah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Didin Fatihudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Marista Oktaviani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v1i1.9377

Abstrak

This research was conducted to determine the effect of the GCG and CSR variables on Earnings Management. This research method used a quantitative approach and secondary data collection techniques using annual reports (annual reports) available on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2014-2019. The population numbered 14 companies and a sample of 7 companies with purposive sampling technique. Data processing techniques used PLS-SEM.. The GCG variable was proxied by Institutional Ownership, Managerial Ownership, and the Board of Commissioners. The results show that the results of the GCG and CSR have positive effect on Earning Management.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari GCG dan CSR terhadap variabel Earning Management. Metodenya menggunakan kuantitatif dan data sekunder yang didapatkan dari laporang tahunan yang tersedia di BEI tahun 2014-2019. Populasinya 14 perusahaan dan sampel yang diambil sebanyak 7 perusahaan. Proses analisis data mengunakan PLS-SEM. Variabel GCG diproksikan dengan kepemilikian institusional dan dewan komisasir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GCG dan CSR bepengaruh positif terhadap Earning Management

Kata kunci: GCG, CSR ,Earning Management

 

Biografi Penulis

Febriani Nur Azizah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Surabaya, Universitas Muhamamdiyah Surabaya

Didin Fatihudin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Surabaya, Universitas Muhamamdiyah Surabaya

Marista Oktaviani, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Surabaya, Universitas Muhamamdiyah Surabaya

Referensi

Abduh, M. M., dan Rusliati, E. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan, 11(2), 80–87.

Agustia, D. (2013). Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 15(1), 27–42. https://doi.org/10.9744/jak.15.1.27-42

Anas, A., Rashid, H. M. A., dan Annuar, H. A. (2015). The effect of award on CSR disclosures in annual reports of Malaysian PLCs. Social Responsibility Journal, 11(4), 831–852. https://doi.org/10.1108/SRJ-02-2013-0014

Arief, A., dan Ardiyanto, M. D. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Non Keuangan dan Jasa yang Terdaftar di BEI tahun 2010-2012), 3(2003), 102–110.

Asward, I., dan Lina, L. (2015). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba dengan Pendekatan Conditional Revenue Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 14(1), 15–34. https://doi.org/10.12695/jmt.2015.14.1.2

Beneish, M. D. (2001). Earnings management: A perspective. Managerial Finance, 27(12), 3–17. https://doi.org/10.1108/03074350110767411

Deegan, C., Rankin, M., dan Tobin, J. (2002). An examination of the corporate social and environmental disclosures of BHP from 1983-1997: A test of legitimacy theory. Accounting, Auditing dan Accountability Journal (Vol. 15). https://doi.org/10.1108/09513570210435861

Dewi, P. P., Ayu, I. G., dan Eka, E. (2019). Kinerja Lingkungan , Manajemen Laba , Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility ( CSR ), 28, 569–589.

FCGI. (2002). Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance ( Tata Kelola Perusahaan ). Seri Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance), II(2002), 37.

Jensen, M. C., dan Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X

Mahariana, I., dan Ramantha, I. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei. E-Jurnal Akuntansi, 7(3), 688–699.

Natasha Suri, I. P. D. (2018). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 – 2016). Jurnal Akuntansi.

Pratiwi, H. R. (2019). Membedah Keanehan Laporan Keuangan Garuda Indonesia 2018.

Ratmono, D., Purwanto, A., dan Cahyonowati, N. (2015). Hubungan Tingkat Pengungkapan dan Kinerja Corporate Social Responsibility Serta Manajemen Laba: Pengujian Teori Ekonomi dan Sosio-Politis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 16(2), 63–73. https://doi.org/10.9744/jak.16.2.63-73

Ricardo, D., dan Faisal, F. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Praktik Manajemen Laba. Diponegoro Journal of Accounting.

S. Willy Rahadyan, A. purwanto. (2015). Pengaruh Surplus Free Cash Flow Dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba, 4(2), 906–919.

Scott, W. R. (2015). Financial accounting theory. Prentice Hall Canada. https://doi.org/10.1016/j.jbiomech.2013.09.028

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-06