Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah 1 Surabaya

Beryl Arief Rifqi Muhammad, Andi Wardhana

Sari

The managerial system in managing human resources must pay attention to factor that can affect increase in employee productivity by improving quality throught activities. The activities should be designed to improve the quality of human resources. This study examines “The Influence of Motivation and Work Environment on Theacher Performance at Muhammadiyah 1 Senior Hight School Surabaya”. The research method used in this research is descriptive quantitative research method using a questionnaire thechnique in data collection. The population in this study were all teachers of muhammadiyah 1 Senior High School Surabaya. The number of samples is 30 respondents.
The data processed using the SPSS program, based on the results of the t-test conducted, it can be seen that motivation (X1) has a positive but not significant effect on teacher performance (Y). Moreover, it can be seen that the work environment (X2) has a positive and significant effect on teacher performance (Y). based on the results of the F test conducted, it can be seen that Motivation (X1) and Work Environment (X2) simultaneously have a positive and significant effect on Teacher Performance (Y) at Muhammadiyah 1 Sehior High School Surabaya. Based on the results of the R2 test, the contribution or contribution of motivation nad the work environment simultaneously or jointly affects teacher performance is quite large, numbering 88.7%.


Sistem manajerial dalam pengelolaan sumber daya manusia, harus memperhatikan faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan produktifitas karyawan dengan upaya peningkatan mutu melalui kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini mengkaji “Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah 1 Surabaya” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif desktiptif dengan menggunakan teknik kuesioner dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Jumlah sampel adalah sebanyak 30 responden. Data-data yang diolah dengan menggunakan program SPSS, berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, dapat diketahui bahwa Motivasi (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja Guru (Y). Dan dapat diketahui bahwa Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y). Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan, dapat diketahui bahwa Motivasi (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Berdasarkan hasil uji R2 sumbangan atau kontribusi dari motivasi dan lingkungan kerja secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru adalah cukup besar yaitu sebesar 88,7%.

Keywords: Motivation, Work Environment, Teacher, Performance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arianto, N., & Kurniawan, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 312. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v3i3.4869

Eliyanto. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 169–181.

Enny, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). UBHARA Manajemen Press.

Farida, U., & Hartono, S. (2015). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia II. UNMUH Ponorogo Press.

Fatihudin, D. (2020). Metodologi Penelitian Edisi Revisi untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi (Revisi). Zifatama Publisher.

Feriyanto, A., & Triana, E. S. (2015). Pengantar Manajemen (3 in 1) Untuk Mahasiswa dan Umum (Pertama). Mediatera.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 19 Edisi 5 (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Harianto, M., Firmansyah, M. A., & Maretasari, R. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pada Divisi Laboratorium PT. Wings Surya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 15(02), 85–103. https://doi.org/10.30651/blc.v15i02.1784

Huseno, T. (2016). Kinerja Pegawai Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja. Media Nusa Creative.

Indrasari, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Indomedia Pustaka.

Julianry, A., Syarief, R., & Affandi, M. J. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Serta Kinerja Organisasi Kementrian Komunikasi Dan Informatika. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.17358/JABM.3.2.236

Karyoto. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Teori, Definisi dan Konsep. CV. Andi Offset.

Masram, & Muah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional (Pertama). Zifatama Publisher.

Mochklas, M., & Mahardhika, B. W. (2018). Saudi Journal of Business and Management Studies ( SJBMS ) Effect of Work Discipline , Career Development , Work Motivation and Work Load on the Loyalty of Women Workers in South Korea Companies. Saudi Journal Of Business And Management Studies (SJBMS), 6663, 922–927. https://doi.org/10.21276/sjbms.2018.3.8.11

Mochklas, M., & Wibowo, S. T. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Membangun Organisasi (Pertama). CV. Bina Prima Jaya.

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja (Pertama). PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/imp.v2i1.12806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.