FKIP UMSurabaya

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGPAUD DALAM MATA KULIAH TARI UNTUK ANAK USIA DINI

Badruli Martati, aris setiawan, Endah Hendarwati, wahono -

Sari

Kegiatan lesson study ini bertujuan: 1) meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah tari anak usia dini melalui model pembelajaran kooperatif, 2) meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam pada mata kuliah tari untuk anak usia dini melalui model pembelajaran kooperatif. Subjek kegiatan 24 orang mahasiswa prodi PG PAUD FKIP UM Surabaya Semester gasal TA 2013/2014. Prosedur kegiatan yang dilakukan: 1.perencanaan (Plan), 2. pelaksanaan (Do), 3.refleksi (See). Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil yang ada ini adalah aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif, terlihat dalam aktivitas dan prestasi mahasiswa yang mengalami peningkatan dalam siklus I sampai IV.

Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif, tari, anak usia dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Kemmis S dan Mc Taggart . (1988) .The

Action Research Planner. Deakin: Deakin

Univercity Press

Moleong L.J. (2005). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning

Theory, Research and Practice. Second

Edition. Boston:Allyin and Bacon.

Sudjana. (2008). Manajemen Program

Pendidikan: Untuk Pendidikan Luar

Sekolah dan Pengembangan Sumber

Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Triyanto.(2009). Mendesain Model

pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep

landasan, dan Implementasinya Pada

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Jakarta: Kencana


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v14i1.66

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.