Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

(link template)

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL PADA

STILISTIKA: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

 

Jurnal Stilistika diterbitkan setiap enam bulan sekali oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya. Untuk mendukung penerbitan selanjutnya, redaksi menerima artikel ilmiah, baik artikel penelitian maupun artikel konseptual. Artikel yang diterima adalah artikel asli yang belum pernah diterbitkan di media manapun, baik cetak maupun elektronik. template jurnal dapat diunduh di sini. berikut ini uraian singkat gaya selingkung penulisan artikel di jurnal Stilistika.

  1. Artikel ditulis pada kertas A4 dengan jenis huruf times new roman, spasi tunggal, rata kanan kiri, jarak pias kanan 4 cm, pias kiri 3 cm, pias atas 3 cm, dan pias bawah 3 cm. panjang naskah 10-25 halaman.
  2. Sistematika penulisan artikel penelitian meliputi judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, metode, pembahasan, penutup, dan daftar rujukan.
  3. Sistematika penulisan artikel nonpenelitian/konseptual meliputi judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar rujukan.
  4. Judul: Judul terdiri atas 5 sampai 15 kata dan ditulis menggunakan huruf kapital berukuran 12.
  5. Identitas penulis: Identitas penulis berupa nama penulis tanpa gelar dan ditulis di bawah judul. Penulis bisa terdiri atas satu atau lebih dari satu orang. Di bawah nama penulis ditulis asal instansi penulis (jika lebih dari satu orang, ditulis asal istansi penulis pertama). Di bawah nama instansi ditulis alaman pos-el.
  6. Abstrak: Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan panjang maksimal 150 kata berspasi tunggal. Abstrak disertai dengan kata kunci yang terdiri atas maksimal 5 kata. Abstrak memuat uraian singkat tentang masalah dan tujuan penelitian, metode, dan hasil penelitian/simpulan.
  7. Pendahuluan: Pendahuluan berisi latar belakang dan permasalahan penelitian, pemecahan masalah, tujuan penelitian, rangkuman kajian pustaka yang dianggap mewakili dan berkaitan dengan masalah yang diteliti. Isi pendahuluan ditulis dalam satu kesatuan tanpa adanya anak subjudul. 
  8. Metode: Metode berisi penjelasan tentang bagaimana penelitian dilakukan. Pada bagian ini dapat terdiri atas jenis penelitian, model penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Isi metode ditulis dalam satu kesatuan tanpa adanya anak subjudul.
  9. Pembahasan: Pembahasan berisi penjabaran mengenai jawaban atau proses pemerolehan jawaban atas rumusan masalah, temuan-temuan yang diperoleh, penjabaran temuan yang dikaitkan dengan teori, dan lain-lain yang dianggap penting, logis, dan relevan. Bagian ini merupakan bagian inti atau bagian terpanjang dari artikel. Dalam penulisan isi pembahasan, diperkenankan menggunakan anak subjudul. Anak subjudul ditulis tanpa nomor dan menggunakan huruf tebal.
  10. Penutup: Penutup terdiri atas simpulan dan saran.
  11. Daftar Pustaka: Hanya pustaka yang dikutip pada isi artikel yang ditulis dalam daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka mengikuti gaya kombinasi APA.

Redaksi berhak mengedit artikel yang masuk tanpa mengubah isi naskah. Tanggung jawab isi naskah tetap berada pada penulis. Penulis yang mengirimkan artikel yang lolos seleksi akan dihubungi redaksi terkait perbaikan naskah dan administrasi lainnya. Artikel dapat dikirim melalui laman Stilistika pada http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika dan pos-el stilistika@um-surabaya.ac.id.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum pernah diterbitkan atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain. 
  2. Naskah merupakan hasil tulisan sendiri dan penulis bersedia bertanggung jawab atas keorisinilan naskah.
  3. File naskah dalam format file dokumen Microsoft Word.
  4. Naskah telah sesuai dengan petunjuk penulisan naskah atau gaya selingkung yang terdapat pada Petunjuk Penulis.
  5. Proses review akan dilakukan secara Double Blind Peer Review, yaitu metode penelaahan dengan merahasiakan/menyembunyikan nama penulis dan pe-review. Reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang sedang ditelaah dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang menelaah artikelnya. Metode ini digunakan untuk menjaga obyektivitas hasil penelaahan. 
  6. Penulis bersedia mengikuti prosedur yang berlaku di Stilistika termasuk menerima sanksi jika melanggar ketentuan. Informasi lebih lanjut Hub pengelola jurnal melalui nomor kontak yang telah tercantum pada web ini
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Hak terbit artikel dimiliki oleh Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Penyerahan artikel: 0,00 (IDR)
Penulis tidak dipungut biaya apapun saat menyerahkan naskah

Penerbitan Artikel: 300000,00 (IDR)
Jika artikel diterbitkan, penulis akan dikenakan biaya penerbitan artikel untuk keperluan administrasi, pengaktivan doi, layout, dan cetak. Penulis berhak mendapatkan 1 eksemplar jurnal cetak.

Jika penulis tidak memiliki dana untuk membayar biaya penerbitan, dewan redaksi akan mempertimbangkan kelayakan dan kebermanfaatan artikel untuk dibebaskan dari biaya penerbitan. Kami tidak ingin biaya menghambat penerbitan karya yang berharga.