Optimalisasi Kegiatan Sekolah Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di TK Al Falah Surabaya

Isi Artikel Utama

Aristiana Prihatining Rahayu
Husnul Khotimah

Abstrak

Kondisi pandemi yang menyebabkan aktifitas pendidikan harus dilakukan secara daring, telah mendorong para pendidik lebih kreatif dalam mendesain berbagai  kegiatan penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreatifitas kegiatan pada lembaga PAUD berprestasi (TK AL Falah) yang mampu menunjang tercapainya hasil pembelajaran. Penelitian dilakukan secara kualitatif, dan data yang diperoleh dilapangan dikumpulkan melalui metode observasi. Dokumentasi dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh bahwa kreatifitas kegiatan yang dirancang untuk menunjang capaian pembelajaran siswa tenyata berdampak positif pada berbagai prestasi yang diperoleh. Kegiatan yang dirancang, tidak hanya bagi siswa saja, namun juga bagi orang tua siswa. Melibatkan orang tua dalam aktifitas kegiatan siswa di sekolah, selain mampu membangun hubungan komunikasi yang bagus antara orang tua dan guru, juga mampu berdampak positif pada prestasi sekolah.

Kata kunci : kegiatan sekolah, penunjang pembelajaran, masa pandemi

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Referensi

  1. Djamarah, S.B. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta. Emzir. 2011.
  2. Eri Sri Wahyuni. Nova Asvio. Novialdi. 2016. Metode Pembelajaran yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. Jurnal Thufula. IAIN Kudus.
  3. Hasan Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press. Isjoni. 2010.
  4. https://mediaindonesia.com/humaniora/321039/dampak-pandemi-kualitas-pendidikan-alami-penurunan diunduh 16 agustus 2021, pukul 12.00 wib
  5. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. 2014. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
  6. Permendikbud Nomor 13 Tahun 2015. 2015. Salinan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
  7. Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakrta: Kencana.
  9. Sulhan, Najib. 2006. Pembangunan Karakter Pada Anak. Surabaya: Intelektual Club.
  10. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  11. Sukmadinata, Syaodih Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.